Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Pengamanan di SUGBK Dibagi Empat Ring: Tidak Ada Anggota TNI/Polri di Dalam Stadion

Jelang kick off Timnas Indonesia vs Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, anggota TNI-Polri terlihat menjalani apel di depan pintu H SUGBK.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Pengamanan di SUGBK Dibagi Empat Ring: Tidak Ada Anggota TNI/Polri di Dalam Stadion
Tribunnews/Abdul Majid
Anggota TNI-Polri saat menjalani apel jelang pengamanan laga Timnas Indonesia vs Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (23/12/2022). Tribunnews/Abdul Majid 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sekitar tiga jam sebelum kick off Timnas Indonesia vs Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, anggota TNI-Polri terlihat menjalani apel di depan pintu H SUGBK.

Apel tersebut dipimpin oleh Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol. Komarudin.

Dalam arahannya, Komarudin mengimbau kepada para petugas TNI-Polri yang menjaga agar benar-benar paham sehingga tidak menyalahi aturan saat menjaga.

Salah satu yang ditekankan yakni tidak ada anggota TNI-Polri yang berjaga di dalam area Stadion.

Area Stadion hanya dijaga oleh steward, kecuali Paspampres mengingat akan ada Presiden Joko Widodo yang akan menyaksikan langsung laga Timnas Indonesia vs Kamboja.

Baca juga: Puncak Klasemen Grup A Piala AFF 2022 Menanti Timnas Indonesia, Gilas Kamboja bak Sebuah Tradisi

“Secara umum harus kembali saya tegaskan agar tidak ada satupun personel yang tidak paham, atau ada satu personel yang menyalahi aturan sesuai dengan konsep pengamanan yang diberikan, semuanya wajib tahu,” kata Komarudin.

BERITA REKOMENDASI

“Yang pertama konsep pengamanan dibagi menjadi empat ring. Mulai dari ring 2A, 2B, kemudian 3A dan 3B. Sementara ring satu mengingat di dalam akan dihadiri oleh Bapak Presiden menjadi ranah pengamanan Paspampres dan juga steward dari panitia sesuai dengan peraturan FIFA,” sambungnya,

Apel jelang pengamanan laga Timnas Indonesia vs Kamboja di SUGBK 2
Anggota TNI-Polri saat menjalani apel jelang pengamanan laga Timnas Indonesia vs Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (23/12/2022). Tribunnews/Abdul Majid

Lebih lanjut, Komarudin menekankan agar para petugas TNI-Polri agar fokus melaksanakan kegiatan pengamanan mulai dari ring 2.

Salah satunya tugasnya yakni memeriksa para penonton agar tak membawa barang-barang yang dilarang.

“Di depan rekan-rekan ini Gelora Bung Karno, akses pintu-pintu masuk di depan itu adalah akses ring 2A, di mana setiap orang yang masuk ke dalam harus sudah tersterilisasi."

"Orang-orang yang sudah memiliki tiket, memeriksa barang-barang yang dilarang bukan hanya berdasarkan Undang-Undang tapi juga berdasarkan aturan FIFA. Mulai air minum botol, korek api, flare dan slain sebagiannya, senjata tajam dan api juga jadi larangan keras,” ujar Komarudin.

Baca juga: Live Streaming Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022, Skuad Garuda Siap Menangi Laga Perdana

“Rekan-rekan cukup fokus ikut membantu memeriksa serta memantau sekiranya ada orang-orang yang mencurigakan tapi tepat jangan over reaktif, tetap humanis, santun dan beretika,” jelasnya.

Pada pertandingan perdana Timnas Indonesia di ajang Piala AFF ini dengan menjamu Kamboja dikabarkan akan dihadiri sebanyak 27 ribu suporter.

Kick off Timnas Indonesia vs Kamboja akan dimulai pukul 16.30 WIB di Stadion Utama Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (23/12/2022). (*)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
6
4
1
1
15
7
8
13
5
Aston Villa
6
4
1
1
12
9
3
13
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas