Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Shin Tae-yong Terapkan Strategi Berbeda Saat Menjamu Vietnam, Ini Alasannya

Shin Tae-yong menerapkan strategi berbeda saat menjamu Vietnam pada laga semifinal leg pertama Piala AFF 2022/2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Shin Tae-yong Terapkan Strategi Berbeda Saat Menjamu Vietnam, Ini Alasannya
tribunnews.com/alfarizyAF
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menerapkan strategi berbeda saat menjamu Vietnam pada laga semifinal leg pertama Piala AFF 2022/2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (6/1/2023).

Shin Tae-yong menerapkan tiga pemain yang berposisi sebagai bek tengah yakni Jordi Amat, Fachruddin Aryanto dan Rizky Rido.

Tak hanya itu, dalam laga yang berakhir imbang dengan skor imbang tanpa gol ini, Shin Tae-yong terlihat tak buru-buru mengganti pemainnya.

Rachmat Irianto diganti Ricky Kambuaya pada menit ke-81 dan di penghujung laga tempatnya tambahan lima menit, Shin Tae-yong mengganti tiga pemainnya dengan memasukan Saddil Ramdani, Witan Sulaeman dan Ilija Spasojevic.

Seusai pertandingan, pelatih asal Korea Selatan tersebut membeberkan bahwa dirinya baru mengganti pemain di penghujung laga lantaran para pemain lainnya yang bertanding tetap dalam kondisi prima.

“Memang dalam pertandingan banyak sekali keadaan yang terjadi di Lapangan. Tetapi pemain yang sebelum diganti mereka sudah kerja keras dengan baik. Jadi, saya tidak lakukan pergantian sebelum itu (pemain capek-red),” kata Shin Tae-yong.

BERITA TERKAIT

Shin Tae-yong menilai seharusnya Indonesia bisa keluar sebagai pemenang dalam laga ini, namun, lagi-lagi penyelesaian akhir jadi hal yang harus dievaluasi kembali,

Lebih lanjut, meski bermain dengan skor imbang tanpa gol, Shin Tae-yong tetap merasa optimistis timnas bisa melaju ke babak final.

Keyakinan Shin Tae-yong lantaran materi pemain dan persiapan tahun ini jauh lebih baik dari dua tahun sebelumnya.

“Saya berterima kasih, secara keseluruhan permainan baik. Tetapi sangat sayang peluang tidak dimanfaatkan dengan baik,” ujar Shin Tae-yong.

“Seperti apa dibicarakan preskon kemarin. Saya memilih langsung para pemain saat ini dan sudah berlatih hampir setahun lebih. Tolong harus diketahui semua bahwa Indonesia bukanlah Indonesia yang dulu. Secara mental dan fisik berbeda. Jadi tidak perlu khawatirkan main away,” pungkasnya.

Dengan berlakunya gol tandang, Indonesia setidaknya punya keuntungan apabila mencetak gol ke gawang Vietnam pada leg kedua. Hasil imbang 1-1, 2-2 dan seterusnya cukup memastikan Indonesia lolos ke putaran final.

Pertandingan semifinal leg kedua antara Indonesia vs Vietnam akan tersaji di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas