Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Shin Tae-yong Sulap Wajah Timnas Indonesia, Juara Piala AFF Bukan Hal Mustahil Bagi Garuda

Keberhasilan Shin Tae-yong yang perlahan menyulap wajah Timnas Indonesia menjadi sinyal bahwa gelar perdana Piala AFF bisa dijangkau Garuda.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Shin Tae-yong Sulap Wajah Timnas Indonesia, Juara Piala AFF Bukan Hal Mustahil Bagi Garuda
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pesepak bola Timnas Indonesia Marc Klok bersama rekan timnya melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Thailand dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022). Dalam pertandingan tersebut Timnas Indonesia ditahan imbang oleh Thailand dengan skor 1-1. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Perkembangan positif yang diperlihatkan Timnas Indonesia selama ditangani Shin Tae-yong nyatanya bukanlah isapan jempol belaka.

Meskipun belum sepenuhnya sempurna, Shin Tae-yong secara perlahan telah mampu menyulap Timnas Indonesia menjadi tim yang lebih baik.

Setelah berhasil membawa Timnas Indonesia menjadi finalis Piala AFF 2020, lolos ke babak utama Piala Asia 2023 dan perbaikan signifikan ranking FIFA dunia.

Kini, tugas Shin Tae-yong terlihat makin menantang dimana ia diharapkan bisa membawa Timnas Indonesia memenangkan Piala AFF 2022.

Baca juga: Andai Timnas Indonesia ke Final Piala AFF 2022, Peluang Garuda Buka Puasa & Pembuktian Shin Tae-yong

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) dan Park Hang-seo (kanan) selaku juru taktik timnas Vietnam tampak berdekatan saat memantau timnya bertanding di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 6 Desember 2023.
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) dan Park Hang-seo (kanan) selaku juru taktik timnas Vietnam tampak berdekatan saat memantau timnya bertanding di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 6 Desember 2023. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

Gelar Piala AFF 2022 memang terasa krusial bagi Timnas Indonesia di tengah tingginya harapan dan ekspetasi masyarakat Indonesia.

Apalagi Timnas Indonesia belum pernah memenangkan gelar turnamen tersebut, alhasil Shin Tae-yong benar-benar diharapkan bisa mengisi lemarin trofi Garuda dengan gelar Piala AFF 2022.

Jika menelisik apa yang telah dilakukan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, berbagai perubahan positif telah terlihat.

BERITA TERKAIT

Peningkatan dalam aspek fisik, psikis dan mentalitas pemain benar-benar terlihat meskipun belum sepenuhnya maksimal.

Pemahaman taktik bermain para pemain Garuda juga tumbuh pesat dimana Timnas Indonesia tak hanya mengandalkan kecepatan dan umpan lambung saja dalam bermain sepak bola.

Umpan pendek satu dua sentuhan disertai kerjasama apik antar pemain menjadi ciri khas permainan Timnas Indonesia dibawah arahan Shin Tae-yong.

Permainan Timnas Indonesia pun cenderung tidak monoton lagi, karena ada kreatifitas yang diciptakan pemain Garuda dalam setiap pertandingannya.

Jika biasanya Timnas Indonesia kesulitan meraih poin melawan Thailand dan Vietnam, kini Garuda sudah bisa mengimbangi baik secara hasil dan permainan.

Hal itu menunjukkan bahwa ada perkembangan cukup pesat yang diperlihatkan Timnas Indonesia sejak diambil alih Shin Tae-yong.

Keberhasilan Timnas Indonesia mencapai final Piala AFF 2020 lalu diikuti kelolosan ke babak utama Piala Asia 2023 menjadi sinyal apik perkembangan tim Garuda.

Pesepak bola Timnas Indonesia Rachmat Irianto berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam dalam pertandingan Semifinal Leg 1 Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023). Pada laga melawan Vietnam tersebut Indonesia meraih hasil seri 0-0. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pesepak bola Timnas Indonesia Rachmat Irianto berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam dalam pertandingan Semifinal Leg 1 Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023). Pada laga melawan Vietnam tersebut Indonesia meraih hasil seri 0-0. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas