Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Modal Berharga Marselino Ferdinan Merantau ke Eropa Agar Tidak 'Layu' Seperti 3 Pendahulunya

Berbeda dari para pendahulunya, seperti Egy, Witan, dan Bagus modal Marselino Ferdinan ini bisa jadi faktor penting bersaing di Eropa,

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Modal Berharga Marselino Ferdinan Merantau ke Eropa Agar Tidak 'Layu' Seperti 3 Pendahulunya
Instagram @pssi
Pemain muda Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, menjadi trending topik Twitter, Selasa (3/1/2023). 

Modal Berharga Marselino Ferdinan Merantau ke Eropa Agar Tidak 'Layu' Seperti 3 Pendahulunya

TRIBUNNEWS.COM - Marselino Ferdinan punya modal berharga sebagai bekal merantau ke Eropa agar tidak 'layu' seperti tiga pendahulunya.

Modal berharga itu adalah memiliki pengalaman di Liga 1, sebuah hal yang tak dimiliki para pemain mud aIndonesia yang mencoba peruntungan di Eropa.




Berbeda dari para pendahulunya, modal Marselino Ferdinan ini bisa jadi faktor penting bersaing di Eropa, agar tak mengulangi kegagalan seniornya bersaing di tim utama klub.

Baca juga: Marselino Ferdinan Otw ke Klub Belgia, Persebaya vs Bhayangkara FC Jadi Laga Terakhir?

Baca juga: Begini Lineup Menjanjikan Timnas U-20 Indonesia Jika Shin Tae-yong Panggil Brandon Scheunemann

Marselino memang dikonfirmasi bakal bertolak ke Eropa, dengan salah satu klub di Liga Belgia sebagai pelabuhan pertamanya.

Pemain berusia 18 tahun itu sudah memainkan laga terakhirnya untuk Persebaya Surabaya saat mengalahkan Bhayangkara FC, Senin (23/1/2023).

Dengan kepastian berangkat ke Eropa, Egy akan mengikuti jejak para pendahulunya di timnas Indonesia.

BERITA TERKAIT

Paling tidak terdapat tiga pemain Indonesia (tak menghitung pemain naturalisasi) yang sudah merasakan persaingan sepak bola Eropa.

Tiga pemain itu adalah Egy Maulana Vikri (kini tanpa klub), Witan Sulaeman (AS Trencin), dan Bagus Kahfi (Asteras Tripolis).

Dibanding Marselino, tiga pemain tersebut belum pernah bermain di kasta tertinggi sepak bola Indonesia sebelum merantau ke Eropa.

Kapten Timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan saat diganggu dua pemain Slovakia
Kapten Timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan saat diganggu dua pemain Slovakia (Dok. PSSI)

Hal tersebut boleh diduga sebagai penyebab kegagalan tiga pemain itu langsung bersaing di tim utama klub pertama mereka di Eropa.

Egy Maulana Vikri dikontrak Lechia Gdansk pada musim 2018 berkat sederet performa sensasional di timnas Indonesia (termasuk Toulon 2017), bukan performa konsisten di klub.

Ketika tiba di Lechia Gdansk, Egy harus beradaptasi hingga musim ketiga untuk rutin mendapat menit main di tim utama, itu pun cuma pengganti.

Witan Sulaeman juga menjalani karier hampir mirip, yaitu memenangi kepindahan ke Radnik Surdulica berkat performa di timnas Indonesia.

Ekspresi Pesepak bola Timnas Indonesia Witan Sulaeman saat gagal menceploskan bola ke gawang Timnas Thailand dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022). Meski unggul jumlah pemain, Timnas Indonesia berhasil ditahan Thailand dengan skor 1-1. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ekspresi Pesepak bola Timnas Indonesia Witan Sulaeman saat gagal menceploskan bola ke gawang Timnas Thailand dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022). Meski unggul jumlah pemain, Timnas Indonesia berhasil ditahan Thailand dengan skor 1-1. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas