Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Sinergi dengan PSSI, Kapolri Listyo Sigit Siap Sikat Mafia Sepakbola

Polri siap bersinergi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang baru terpilih dalam menyelenggarakan sepak bola yang jauh lebih baik dan fair play.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Erik S
zoom-in Sinergi dengan PSSI, Kapolri Listyo Sigit Siap Sikat Mafia Sepakbola
istimewa
Konferensi pers Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Media Center Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu 19 Februari 2023.  

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri siap bersinergi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang baru terpilih dalam menyelenggarakan sepak bola yang jauh lebih baik dan fair play.

Antara lain melalui upaya bersama memberantas serta memberangus match fixing atau pengaturan skor.

Baca juga: Sayangkan Zainudin Amali Pilih Kursi Waketum PSSI, Komisi X DPR: Saat Jabat Menpora Banyak Prestasi

“Kami, Polri siap mendukung penuh dan telah mempersiapkan Satgas-Anti Mafia Bola untuk mengawal kebijakan itu,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Media Center Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu 19 Februari 2023.

Sigit berharap upaya pembentukan sepak bola yang Fair Play benar-benar terwujud. Sehingga para pemain tersebut bisa dipersiapkan untuk menghadapi kejuaraan baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Tentunya Satgas Anti-Mafia Bola ini akan terus mengawal setiap penyelenggaraan baik di Liga 1, 2, dan 3 serta seluruh event sepak bola yang akan diselenggarakan oleh PSSI,” ujar Sigit.

Dengan dukungan semangat dan sinergitas yang sama dari PSSI dan Polri, Kapolri optimistis cita-cita mewujudkan persepakbolaan Indonesia yang sesuai standar FIFA akan terlaksana dengan baik.

BERITA TERKAIT

“Selain mendukung program pemberantasan permainan skor, kami juga mendukung agar pelaksanaan sepak bola Indonesia semakin baik dan sesuai standar FIFA,” ucap Sigit.

Sigit menegaskan polisi memiliki pengalaman menjalankan Satgas Anti-Mafia Bola pada periode 2018-2020.

Baca juga: Jadi Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali Disebut Golkar Siap Mundur dari Jabatan Menpora

Saat itu, polisi menetapkan 18 tersangka yang diproses baik dari organisasinya, manajemen perangkat pertandingan termasuk pemain dan perantara. Bahkan saat ini, kata Sigit, ada 15 sub Satgas Anti-Mafia Bola yang terbentuk dan tersebar di seluruh wilayah.

"Saya kira sesuai apa yang menjadi kebijakan Ketum PSSI yang baru untuk melibatkan Satgas akan terus kita perkuat,” tutur Sigit.

Lebih lanjut Kapolri mengungkapkan, untuk mewujudkan persepakbolaan Indonesia yang jauh lebih baik, Polri telah mengundang pemateri dari Conventry University Inggris, untuk memberikan pelatihan manajemen kompetisi.

Sigit menyatakan Polri juga telah menerbitkan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 Tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Dengan adanya hal itu, diharapkan, mampu menyelenggarakan giat pengamanan sepak bola dengan baik sesuai standar FFA. Termasuk didalamnya melakukan assesmen dan manajemen risiko termasuk keselamatan penonton dan pemain.

Baca juga: DPR Minta Suara Masyarakat Soal Posisi 2 Menteri jadi Pengurus PSSI Didengar

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas