Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Singgung Restu Presiden Jokowi, Zainudin Amali Isyaratkan Mundur dari Menpora Buat Urusi Sepakbola

Zainudin Amali mendapatkan restu dari Presiden Jokowi, sekaligus jadi sinyal pria asal Gorontalo tersebut bakal melepas jabatan Menpora

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Singgung Restu Presiden Jokowi, Zainudin Amali Isyaratkan Mundur dari Menpora Buat Urusi Sepakbola
YouTube Sekretariat Presiden
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali saat konferensi pers bersama pengurus dan anggota Exco PSSI usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Senin (20/2/2023). 

Singgung Restu Presiden Jokowi, Zainudin Amali Isyaratkan Mundur dari Kursi Menpora Buat Urusi Sepakbola

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pengurus PSSI periode 2023-2027 yang diketuai Erick Thohir hari ini menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi memberikan selamat kepada kepengurusan baru PSSI yang terpilih pada Kongres Luar Biasa 2023.

“Pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat bertugas untuk Pak Erick selaku Ketum PSSI yang baru 2023-2027 dan juga untuk Pak Zainudin Amali dan Ibu Ratu Tisha sebagai Wakil Ketua Umum serta seluruh Exco PSSI yang baru, saya ucapkan selamat,” kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Dua Menteri di Pucuk PSSI, Cuma Ratu Tisha yang Full Time Job, Jadi Waketum II Meski Unggul Jauh

Presiden Jokowi pun mengarahkan kepada Erick Thohir agar PSSI segera membuatkan blue print sepakbola Indonesia jangka pendek dan jangka menengah.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Menpora Zainudin Amali yang terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI I, mengaku sudah melapor kepada Presiden Jokowi.

BERITA TERKAIT

Menpora mengatakan kepada Presiden Jokowi bahwa dirinya ingin fokus mengurus sepakbola.

Keinginan tersebut pun mendapatkan restu dari Presiden Jokowi, sekaligus jadi sinyal pria asal Gorontalo tersebut bakal melepas jabatan Menpora dan fokus menjadi Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

“Saya secara pribadi sudah melapor kepada Pak Presiden dan tentu juga beliau sudah mengetahui tentang saya terpilih sebagai salah satu Waketum PSSI,” kata Menpora Amali.

Baca juga: Kata Presiden Jokowi Soal Rangkap Jabatan Menteri Erick Thohir dan Zainudin Amali di PSSI

Menpora Zainudin Amali saat ditemui di paruh babak pertama laga Timnas Indonesia U-20 vs Fiji U-20, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (17/2/2023)
Menpora Zainudin Amali saat ditemui di paruh babak pertama laga Timnas Indonesia U-20 vs Fiji U-20, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (17/2/2023) (Tribunnews/Alfarizy)

“Dan beliau menyerahkan kepada saya karena saya menyampaikan kepada teman-teman, saya harus memilih, dan saya sampaikan kepada Pak Presiden, bapak saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepakbola, menjadi pengurus PSSI. Dan itu dipahami oleh beliau dan beliau menyampaikan kepada saya, saya diizinkan untuk konsentrasi dan fokus kepada sepakbola,”

“Jadi beliau sudah mengizinkan saya untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepakbola, mendampingi Pak Erick Thohir dan Ratu Tisha dan teman-teman Exco ya,” terang pria yang menjabat sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 tersebut.

Mengenai gelaran Piala Dunia U-20 2023, Amali ingin persiapan dilakukan sematang mungkin.

Untuk itu, sebagai Menpora dirinya bakal kembali menggelar rapat koordinasi dengan pengurus PSSI terkait persiapan Piala Dunia U-20 yang bergulir pada 20 Mei mendatang.

Pasalnya, gelaran Piala Dunia U-20 merupakan gelaran FIFA yang standarisasinya tidak boleh keluar dari Standar FIFA.

“Nah soal piala dunia U-20 ya kita akan persiapkan dengan sebaik-baiknya, karena saya masih Menpora. Mungkin besok paling lambat ya Pak Ketua umum, saya akan mengundang PSSI untuk membicarakan persiapannya dan semuanya kita akan lakukan sesuai dengan bimbingan dan panduan dari FIFA,’’ kata Amali.

“Jadi FIFA tidak pernah melepaskan kita kerja sendiri karena kan semuanya harus standar FIFA. Ini mungkin dalam hari-hari ini FIFA sudah datang lagi untuk inspeksi stadion dan lain sebagainya serta persiapannya,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas