Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Hak Indonesia Dicabut, Palestina Pertanyakan Standar Ganda FIFA di Piala Dunia U20 2023

Dicabutnya status tuan rumah yang sempat dimiliki Indonesia dalam gelaran Piala Dunia U20 2023 pun mendapatkan tanggapan dari Palestina.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Hak Indonesia Dicabut, Palestina Pertanyakan Standar Ganda FIFA di Piala Dunia U20 2023
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Maskot Piala Dunia U-20 2023 bernama Bacuya di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 9 Februari 2023. Indonesia resmi dicoret sebagai tuan rumah turnamen. Dicabutnya status tuan rumah yang sempat dimiliki Indonesia dalam gelaran Piala Dunia U20 2023 pun mendapatkan tanggapan dari Palestina. 

TRIBUNNEWS.COM - Hak Indonesia sebagai tuan rumah utama penyelenggara Piala Dunia U20 2023 akhirnya dicabut FIFA, Rabu (29/3/2023).

Dicabutnya status tuan rumah yang sempat dimiliki Indonesia dalam gelaran Piala Dunia U20 2023 pun mendapatkan tanggapan dari Palestina.

Melalui Dewan Tinggi & Pemuda Olahraga, Palestina turut menyesalkan keputusan FIFA yang melecuti hak Indonesia di ajang dua tahunan tersebut.

Baca juga: Piala Dunia U20 di Indonesia Batal, Fahri Hamzah Sebut Putusan FIFA Bermuatan Politis

Tak hanya itu, pihak Palestina juga mengecam standar ganda yang diterapkan FIFA dalam menjatuhkan sebuah keputusan.

Palestina pun membandingkan situasi yang dialami Indonesia dengan kondisi perang Rusia yang menginvasi Ukraina.

"Sangat membingungkan dan menyedihkan melihat standar ganda yang digunakan oleh dunia yang beradab ini dalam menanggapi skenario serupa tapi dilakukan aktor berbeda," tulis pernyataan Dewan tinggi Pemuda dan Olahraga Palestina.

"Ketika menghukum Rusia, mereka mengambil keputusan sepersekian detik, namun mereka menahan diri ketika Israel melakukan tindakan kependudukan ilegal di Palestina,"

BERITA REKOMENDASI

"Ada pula pelanggaran hak asasi manusia yang terus berlanjut, rasisme, segregasi, dan penghancuran secara sistematis infrastruktur di Palestina,"

"Tentu kami berharap FIFA memiliki akal sehat dan menerapkan standar yang sama dalam urusan sepak bola internasional," tambahnya.

Pihak Palestina merasa Indonesia tidak layak dihukum dengan cara dicabut statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

"Indonesia tidak akan berada pada situasi sekarang jika FIFA menerapkan aturan yang sama dalam kasus Israel seperti yang terjadi di Rusia," jelasnya.

"Tentu kami menyesal bahwa hal ini membuat Indonesia gagal menjadi tuan rumah," tambahnya.

Pernyataan yang disampaikan Dewan Tinggi dan Olahraga tersebut seakan menjadi bunyi pernyataan dari pihak Palestina menyikapi dicabutnya status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

Tak kurang dari 60 hari jelang hari H Piala Dunia U20 2023, status Indonesia sebagai tuan rumah malah dicabut oleh pihak FIFA.

Dunia sepak bola di Indonesia sejatinya sudah berjalan kearah lebih baik, namun lagi-lagi musibah kembali menghantam dan karir Timnas Indonesia U20 terancam. Kini secerca harapan untuk melihat Timnas Indonesia U20 berkiprah di Piala Dunia U20 2023 pun lenyap. Penyebabnya, FIFA sebagai induk tertinggi organisasi sepak bola dunia resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023. TRIBUNNEWS
Dunia sepak bola di Indonesia sejatinya sudah berjalan kearah lebih baik, namun lagi-lagi musibah kembali menghantam dan karir Timnas Indonesia U20 terancam. Kini secerca harapan untuk melihat Timnas Indonesia U20 berkiprah di Piala Dunia U20 2023 pun lenyap. Penyebabnya, FIFA sebagai induk tertinggi organisasi sepak bola dunia resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023. TRIBUNNEWS (TRIBUNNEWS/AKBAR PERMANA)

Insiden Tragedi Kanjuruhan hingga berbagai penolakan terkait kepesertaan Timnas Israel dianggap menjadi alasan pembatalan tersebut.

Ada pula isu soal ketidaksiapan Indonesia secara infrastruktur maupun keamanan menjadi alasan lainnya.

Terlepas dari hal itu, dicabutnya status tuan rumah benar-benar menjadi pukulan telak khususnya bagi skuad Timnas Indonesia U20.

Apalagi, skuad Timnas Indonesia U20 selama ini terus digenjot dengan berbagai persiapan khusus agar bisa mendulang prestasi yang maksimal.

(Tribunnews.com/Dwi Setiawan)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Persebaya
7
5
2
0
7
2
5
17
2
Borneo
7
4
3
0
10
3
7
15
3
Bali United
7
4
2
1
12
6
6
14
4
Persib
7
3
4
0
13
7
6
13
5
PSM Makasar
7
3
3
1
9
4
5
12
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas