Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Curhat ke Media Korea, Asnawi Mangkualam Akui Sakit Hati Piala Dunia U20 Batal di Indonesia

Dalam wawancaranya ke media Korea Selatan, Asnawi Mangkualam menceritakan bagaimana perasaannya usai Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U20.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Curhat ke Media Korea, Asnawi Mangkualam Akui Sakit Hati Piala Dunia U20 Batal di Indonesia
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Pesepak bola Timnas Indonesia, Witan Sulaeman (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekan setimnya, Asnawi Mangkualam (kiri) dan Dendy Sulistyawan (kanan, membelakangi lensa) usai mencetak gol pertama Indonesia ke gawang Timnas Burundi dalam laga kedua FIFA Macthday antara Burundi melawan Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (28/3/2023) malam. Pertandingan berakhir imbang dengan skor 2-2 (0-0). TRIBUNNEWS/JEPRIMA 

TRIBUNNEWS.COM - Bek Jeonnam Dragons, Asnawi Mangkualam mencurahkan uneg-unegnya perihal kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

Asnawi Mangkualam mengaku sakit hati atas batalnya Indonesia mengemban amanah menyelenggarakan Piala Dunia U20 2023.

Seperti yang diketahui, Indonesia harus rela melepas posisi tuan rumah di event akbar tersebut setelah FIFA mencoret dari kalendernya.

Baca juga: Nasib Asnawi Mangkualam Jadi Penghangat Bench Cadangan Selepas Membela Timnas Indonesia




Imbas dari hal tersebut ialah Timnas U20 Indonesia gagal bertanding di event tersebut.

Kenyataan ini tentu menyakitkan bagi pemain dan pendukung Timnas Indonesia, mengingat Hokky Caraka dan kawan-kawan mempersiapkan diri untuk tampil di Piala Dunia U20 untuk kurun waktu yang lama.

Dan terbaru, kabar menyebutkan Argentina lah yang berpeluang besar menggantikan tugas Indonesia sebagai tuan ruamh World Cup U20 2023.

Kepada media Korea Selatan, Sports G, Asnawi Mangkualam mengkisahkan bagaimana perasaannya maupun patah hati para penggawa Timnas U20 Indonesia.

BERITA TERKAIT

“Hati saya sakit dan suasana hati saya campur aduk dan sulit, tapi saya bertanya-tanya seberapa sulit para pemain nantinya. Singkatnya, ini adalah Piala Dunia yang disiapkan selama tiga setengah tahun," buka Asnawi Mangkualam.

Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam hanya panaskan bangku cadangan saat Jeonnam Dragons menang 3-1 atas lawannya, Minggu (2/4/2023).
Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam hanya panaskan bangku cadangan saat Jeonnam Dragons menang 3-1 atas lawannya, Minggu (2/4/2023). (Instagram Asnawi Mangkualam)

"Itu adalah kesempatan besar bagi para pemain muda untuk tumbuh dan membantu perkembangan sepak bola Indonesia, namun sayang jika tidak diadakan. Sangat memilukan bahwa impian dan harapan para pemain muda hilang," terang bek Timnas Indonesia yang pernah bermain bagi Ansan Greeners tersebut.

Bek Timnas Indonesia ini juga memaparkan apa kerugian besar yang harus ditanggung oleh sepak bola Indonesia.

Pasalnya, Piala Dunia U20 2023 bisa jadi ajang bagi pemain-pemain muda mendapatkan pengalaman tampil di ajang yang memiliki level lebih tinggi.

Di sisi lain, lewat Piala Dunia U20 ini lah skuad Garuda Nusantara menggantungkan mimpinya untuk berlaga dan berpeluang untuk merajut mimpi yang lebih tinggi.

"Ini adalah kesempatan besar bagi para pemain muda untuk berkembang dan membantu perkembangan sepak bola Indonesia, tapi sayang sekali tidak jadi digelar."

"Sangat menyedihkan melihat mimpi dan harapan para pemain muda itu pupus," tambahnya.

Asnawi melanjutkan jika semua proses yang dijalani oleh Timnas U20 Indonesia pupus di tengah jalan. Dia menilai jika pemain-pemain ini harus kembali mundur setelah persiapan yang sudah dilaksanakan sejak lama.

"Indonesia sempat terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 dan kemudian dibatalkan," 

"Itu akan menjadi kesempatan besar bagi perkembangan sepak bola Indonesia. Tapi semua kesempatan itu hilang."

"Seluruh 'proses' harus dimulai dari awal lagi. Sebagai orang Indonesia dan sebagai pemain sepak bola nasional Indonesia. Saya merasa sangat terluka dan sedih," pungkasnya.

(Tribunnews.com/Giri)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas