Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

The Jakmania Berbadan Hukum Tetap, Diky Soemarno Kembali Jabat Ketua Umum Sampai 2026

Kelompok suporter Persija Jakarta, The Jakmania, telah menyelesaikan Musyawarah Besar dan Rapat Kerja tahun 2023. 

Penulis: Alfarizy Ajie Fadhillah
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in The Jakmania Berbadan Hukum Tetap, Diky Soemarno Kembali Jabat Ketua Umum Sampai 2026
Dok. The Jakmania
Diky Soemarno kembali terpilih menjadi Ketua Umum The Jakmania periode 2023-2026. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kelompok suporter Persija Jakarta, The Jakmania, telah menyelesaikan Musyawarah Besar dan Rapat Kerja tahun 2023. 

Musyawarah Besar dan Rapat Kerja tersebut berlangsung  selama dua hari pada 6-7 Mei lalu di Hotel Puri Mega Jakarta. 




Dalam Musyawarah Besar dan Rapat Kerja The Jakmania tahun 2023, diputuskan beberapa hal terkait keorganisasian The Jakmania. 

The Jakmania bergemuruh terdengar dalam laga pekan ke-34 Liga 1 2022/2023 antara Persija Jakarta vs PSS Sleman di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (15/4/2023).
The Jakmania bergemuruh terdengar dalam laga pekan ke-34 Liga 1 2022/2023 antara Persija Jakarta vs PSS Sleman di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (15/4/2023). (Abdul Rohman/Bolasport.com)

Diantaranya adalah Keputusan untuk mengukuhkan The Jakmania sebagai perkumpulan yang berbadan hukum.

Hal tersebut berkaitan dengan Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional Nomor 11 Tahun 2022 pasal 54 dan 55 yang mengatur tentang suporter. 

Tak hanya itu, pada musyawarah itu  juga disepakati secara mufakat menerima Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus Pusat Periode 2020-2023, serta memutuskan mengangkat Diky Soemarno sebagai Ketua Umum the Jakmania periode 2023-2026 secara mufakat. 

BERITA TERKAIT

Dengan demikian ini menjadi periode kedua pria yang bernama asli Diky Budi Ramadhan tersebut  sebagai Ketua Umum The Jakmania.

Suporter Persija Jakarta atau The Jakmania hadir langsung dalam laga uji coba antara Persija Jakarta melawan Sabah FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (5/6/2022). Dalam pertandingan uji coba tersebut, Persija Jakarta harus mengakui keunggulan Sabah FC dengan skor 1-2. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Suporter Persija Jakarta atau The Jakmania hadir langsung dalam laga uji coba antara Persija Jakarta melawan Sabah FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (5/6/2022). Dalam pertandingan uji coba tersebut, Persija Jakarta harus mengakui keunggulan Sabah FC dengan skor 1-2. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Hal lain yang juga diputuskan adalah mengangkat dan mengesahkan Para Pendiri the Jakmania sebagai Dewan Pengawas Perkumpulan the Jakmania.

Di sisi lain, Diky yang kembali dipercaya oleh para anggotanya pun berharap, dalam periode keduanya, akan lebih banyak perubahan ke arah yang lebih baik dari The Jakmania.

“Mendapatkan amanah sebagai ketua umum the Jakmania dua periode bukan hal yang mudah, karena tanggung jawabnya lebih besar lagi, tantangan lebih berat, dan harapan yang lebih tinggi," tutur pria berusia 36 tahun itu dalam keterangan resminya.

"Semoga saya dapat melaksanakan dan mencapai ekspetasi dari semua pihak yang ingin Persija Jakarta lebih baik lagi," jelas Diky.

Tentu saja yang dilakukan the Jakmania ini adalah demi kebaikan Persija Jakarta dan sepak bola Indonesia. Beberapa fungsi dan peran the Jakmania untuk Persija Jakarta di beberapa waktu terakhir dirasa sangat besar.

Sebagai contoh, adalah bagaimana The Jakmania berperan aktif dalam proses usaha Persija Jakarta mendapatkan izin bermain di kandang dengan penonton pada beberapa pertandingan di Liga 1 2022/23. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas