Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Indonesia vs Thailand: Kekuatan Mental Sangat Menentukan, Live ON RCTI Selasa 16 Mei Pukul 19:30 WIB

Timnas Indonesia U-22 bersiap menghadapi Thailand U-22 pada final SEA Games 2023 Kamboja di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5).

Penulis: Abdul Majid
Editor: Muhammad Barir
zoom-in Indonesia vs Thailand: Kekuatan Mental Sangat Menentukan, Live ON RCTI Selasa 16 Mei Pukul 19:30 WIB
PSSI
Bek Timnas U22 Indonesia, Muhammad Ferrari mencetak gol kedua Timnas U22 Indonesia ke gawang Vietnam dalam semifinal SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Kamboja, Sabtu (13/5/2023) petang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM- Timnas Indonesia U-22 bersiap menghadapi Thailand U-22 pada final SEA Games 2023 Kamboja di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5). Dalam pertandingan final, mental juara biasanya sangat menentukan.

Manajer Timnas Indonesia U-22, Sumardji pun membeberkan kesuksesan Skuad Garuda Nusantara melaju ke final tak terlepas dari peran psikolog. Hadirnya psikolog dinilai bisa membuat mental para pemain menjadi lebih baik lagi saat melakoni pertandingan.




“Jadi memang di event SEA Games ini kami mendapatkan tambahan kekuatan di dalam tim yaitu psikolog, yang memang itu saran dari pak Ketum dan Waketum supaya melekat kepada tim,” kata Sumardji di Phnom Penh Hotel, Kamboja, Senin (15/5) tentang mempersiapkan mental pemain.

“Hasilnya cukup baik. Paling tidak yang bisa kami rasakan adalah menguatkan mental anak-anak di samping mental itu bagian evaluasi selama saya membawa Timnas sama Shin Tae-yong dan sekarang,” lanjut dia.

Penguatan dari segi mental pemain dikatakan Sumardji sudah terlihat jelang kala Indonesia mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2.

Pasalnya, pada laga itu, Marselino dkk. sempat bermain 10 orang akan tetapi mereka justru bisa keluar sebagai pemenang usai mencetak gol di penghujung pertandingan.

BERITA TERKAIT

Sumardji pun berharap mental juara para pemain Timnas Indonesia U-22 kembali ditampilkan saat menghadapi Thailand nanti.

“Adanya penguatan mental dari psikolog, saya bisa kolaborasi dan yakinkan ke pemain. Intinya kalau mental itu benar-benar digembleng dan dirasakan nyaman, mereka bisa berjuang untuk bangsa dan sudah dibuktikan lawan vietnam 10 lawan 11,” jelasnya.

Pertandingan ini sekaligus jadi pembuktian bagi skuad Garuda Muda. Datang ke SEA Games 2023, mereka ditargetkan untuk bisa membawa pulang medali emas.

Melawan Thailand jadi ujian sebenarnya bagi anak asuh Indra Sjafri. Sebelumnya, timnas U-22 Indonesia melaju mulus di babak penyisihan Grup A.

Selain itu, kemenangan atas Vietnam jadi modal penting untuk menghadapi Thailand. Apalagi, di laga semifinal tersebut mereka hanya bermain dengan 10 pemain.

Berbicara tentang Thailand, Sumardji menegaskan jika tim lawan memiliki kualitas. Apalagi, mereka masih jadi kekuatan utama di Asia Tenggara.

"Yang perlu kita antisipasi adalah Thailand, tim boleh dikatakan levelnya sama dengan kita saat sekarang ini. Kita tahu bahwa Thailand mempunyai taktik yang cukup bagus selama ini dan di Asia Tenggara sebagai topnya," kata Sumardji dikutip dari Bolasport.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas