Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Kata Rizky Ridho Seusai Bantu Timnas Indonesia U-22 Sabet Medali Emas SEA Games Kamboja

Dalam partai final Indonesia vs Thailand tersebut, Rizky Ridho tidak tergantikan dan bermain penuh sepanjang laga.

Penulis: Alfarizy Ajie Fadhillah
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Kata Rizky Ridho Seusai Bantu Timnas Indonesia U-22 Sabet Medali Emas SEA Games Kamboja
AFP/MOHD RASFAN
Pemain Thailand Channarong Promsrikaew (Kiri) dan Rizky Ridho Ramadhani (Kanan) dari Indonesia bersaing memperebutkan bola pada pertandingan final sepak bola putra Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) ke-32 di Phnom Penh pada 16 Mei 2023. (Photo by MOHD RASFAN / AFP) 

Kata Rizky Ridho Seusai Bantu Timnas Indonesia U-22 Sabet Medali Emas SEA Games Kamboja

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rizky Ridho menjadi sosok penting dalam kesuksesan Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja.

Tim besutan Indra Sjafri itu menang dengan skor meyakinkan 5-2 atas Thailand dalam laga pamungkas yang berlangsung di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023).

Raihan medali emas itu sudah telah dinanti-nanti oleh masyrakat Indonesia selama 32 tahun. Terakhir Indonesia membawa pulang emas dari cabang olahraga sepakbola di SEA Games 1991 Filipina.

Baca juga: Tensi Panas Masih Terasa, Kapten Timnas U-22 Indonesia Rizky Ridho Sindir Suporter Thailand

Dalam partai final tersebut, Rizky Ridho tidak tergantikan dan bermain penuh sepanjang laga.

Tampil sebagai kapten Timnas, Ridho pun berterima kasih kepada seluruh pemain, pelatih dan ofisial yang sudah berjuang bersamanya.

BERITA REKOMENDASI

Pemain rekrutan kedua Persija untuk musim 2023/24 itu juga merasa bangga bisa menjadi bagian sejarah Indonesia di ajang SEA Games.

Alhamdulillah semua yang ada di tim sudah bekerja sangat keras. Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pelatih serta ofisial, terutama teman satu tim yang sudah berjuang dan memberikan semua yang mereka miliki. Alhamdulillah saya bangga pernah berjuang dengan mereka semua di tim ini,” ucap Ridho.

Selain Ridho, tiga pemain Persija lainnya pun mendapatkan kesempatan untuk ikut berlaga.

Witan Sulaeman bermain hingga menit 94’ hingga akhirnya digantikan Ilham Rio Fahmi, dan Muhammad Ferarri masuk pada menit ke-70 menggantikan Alfeandra Dewangga.

Pada laga tersebut, Ridho dan Rio berkontribusi di dua dari lima gol Timnas.

Pemain Tim Nasional Indonesia Rizky Ridho melakukan latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Latihan tersebut dilakukan jelang hadapi Kamboja pada Piala AFF 2022. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pemain Tim Nasional Indonesia Rizky Ridho melakukan latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Latihan tersebut dilakukan jelang hadapi Kamboja pada Piala AFF 2022. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Pada masa injury time babak pertama, Ridho memberikan umpan panjang kepada Ramadhan Sananta yang berada di depan.

Beruntung terdapat miskomunikasi antara barisan pertahanan Thailand sehingga Sananta bisa mencongkel bola dari Ridho itu ke dalam gawang Thailand.

Alhamdulillah saya hanya bisa bersyukur atas assist itu. Yang terpenting dari semuanya saya bisa mempersembahkan emas untuk Indonesia,” tutur Ridho.

Sementara Rio mencatatkan dirinya sebagai pemberi assist setelah aksi individunya menusuk ke dalam kotak penalti Thailand diakhiri dengan umpan ke Fajar Fathur Rachman.

Fajar dengan cerdik memanfaatkan kesempatan untuk melepaskan sepakan keras yang berujung gol.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
6
4
1
1
15
7
8
13
5
Aston Villa
6
4
1
1
12
9
3
13
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas