Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

PSSI Jalin Kerja Sama dengan Federasi Sepak Bola Jepang, Ambisi Erick Thohir Bangun Liga Berkualitas

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sedang berada di Jepang guna menjalin kerja sama dengan federasi sepak bola di sana.

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in PSSI Jalin Kerja Sama dengan Federasi Sepak Bola Jepang, Ambisi Erick Thohir Bangun Liga Berkualitas
tribunnews.com/majid
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat ditemui di Kawasan GBK, Senayan, Jakarta, Jumat (5/5/2023). Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sedang berada di Jepang guna menjalin kerja sama dengan federasi sepak bola di sana. 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sedang berada di Jepang guna menjalin kerja sama dengan federasi sepak bola di sana.

Kunjungan itu dilakukan oleh Erick Thohir setelah mendampingi Presiden Indonesia, Joko Widodo, di KTT G7 di Hiroshima.

Melalui akun Instagram pribadinya, Erick Thohir yang sedang berada di Hiroshima tengah bersiap untuk bertolak ke Tokyo, Minggu (21/5/2023).




Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menjelaskan bahwa akan ada dua kerja sama yang dilakukan oleh PSSI dengan Japan Football Association (JFA).

Pertama, soal benchmarking (standar) pengelolaan liga. Kedua, mengenai pemakaian, pengawasan, dan peningkatan kualitas wasit Indonesia.

Erick menegaskan bahwa kerja sama dengan JFA ini merupakan sebuah upaya untuk membangun standar sepak bola sesuai dengan keinginan masyarakat.

Jika liga Indonesia berkualitas, maka akan tercipta pemain dan tim nasional yang berkualitas.

BERITA TERKAIT

"Ini adalah bagian pembangunan sepak bola Indonesia yang kita inginkan. Dengan liga yang berkualitas kita dapat menciptakan pemain dan tim nasional yang berkualitas juga," tulisnya.

"Bismillah, mohon doanya semoga dilancarkan demi sepak bola Indonesia yang bersih dan berprestasi," ungkap Erick.

Bagaimanapun, kunjungan ke Jepang ini bisa menjadi langkah awal yang menjanjikan guna memperbaiki standar sepak bola di Indonesia.

Sebab Jepang punya kisah apik mengenai prosesnya membangun liga profesional pada 1993 silam.

JFA mengembangkan liga dengan menerapkan aturan ketat mengenai lisensi klub dengan serius.

Misalnya, jika sebuah klub tak mampu memenuhi standar lisensi yang diperlukan, maka tim tersebut tak bisa bermain di divisi yang lebih tinggi di Liga Jepang.

Hasilnya kini sudah terlihat, Jepang menjadi tim yang berlangganan tampil di ajang Piala Dunia dan menjadi salah satu tim sepak bola terkuat di Asia.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bertemu dengan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Keduanya membahas seputar agenda Timnas Indonesia pada 2023 ini.
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bertemu dengan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Keduanya membahas seputar agenda Timnas Indonesia pada 2023 ini. (Instagram Erick Thohir)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas