Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Kiprah Manis De Zerbi di Brighton, Sukses Catatkan Sejarah Pencapaian Klub Setelah 122 Tahun

Roberto de Zerbi mengukir kisah manis bersama Brighton & Hove Albion. Pelatih asal Italia itu sukses membawa klub ke kompetisi Eropa pertama kali.

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Kiprah Manis De Zerbi di Brighton, Sukses Catatkan Sejarah Pencapaian Klub Setelah 122 Tahun
GLYN KIRK / AFP
Gelandang Brighton Argentina Alexis Mac Allister (kanan) merayakan dengan pelatih kepala Italia Brighton Roberto De Zerbi (tengah) di lapangan setelah pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Brighton dan Hove Albion dan Manchester United di Stadion Komunitas American Express di Brighton, selatan Inggris pada 4 Mei 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Roberto de Zerbi mengukir kisah manis bersama Brighton and Hove Albion. Pelatih asal Italia itu sukses membawa klub ke kompetisi Eropa untuk pertama kalinya.

Kepastian itu didapat setelah Brighton sukses mengalahkan Southampton dengan skor 3-1 di pekan 37 Liga Inggris, Minggu (21/5/2023) kemarin.

Kemenangan itu menjamin The Seagulls mendapatkan tiket di kompetisi Eropa, setidaknya Liga Konferensi Eropa.

Brighton saat ini menempati posisi enam klasemen dengan 61 poin, dan kini berjarak empat poin dari Tottenham yang menempati posisi ke delapan.

Dengan satu laga sisa yang dimiliki Tottenham Perolehan poin mereka tidak mungkin disalip oleh Spurs.

Adapun jarak mereka dengan Aston Villa yang ada di peringkat ketujuh adalah tiga poin. Tapi Brighton memiliki selisih gol yang lebih baik dan memiliki satu pertandingan lebih banyak yang belum dimainkan, sehingga hampir pasti mereka lolos ke Liga Europa.

Baca juga: De Zerbi Bikin Duo Milan dan AS Roma Gigit Jari, Tegaskan Bertahan di Brighton

Peluang Brighton untuk finis di urutan kelima juga masih terbuka lantaran dengan dua laga sisa yang dimiliki mereka bisa menyalip Liverpool yang berjarak lima poin.

BERITA TERKAIT

Syaratnya adalah Liverpool kalah di laga terakhir dan di satu sisi pasukan Roberto de Zerbi menyapu bersih dua sisa laga mereka.

Lolosnya Brighton ke kompetisi Eropa ini menjadi sejarah baru bagi klub setelah berdiri hampir 122 tahun lamanya sejak 24 Juni 1901 lalu.

Kiprah sukses Brighton ini tentu tak bisa dilepaskan dari juru taktik asal Italia Roberto de Zerbi.

De Zerbi mampu mengubah Brighton menjadi tim yang menakutkan di Liga Inggris musim ini. Tim-tim papan atas bahkan juga pernah menjadi korbannya.

Mulai dari Arsenal, Chelsea, Manchester United hingga Liverpool pernah menjadi amukan dari Brighton.

Yang paling baru tentu Arsenal pada pekan lalu di mana gawang Ramsdale dibobol tiga kali tanpa balas oleh The Seagulls.

"Luar biasa, salah satu hari terbaik dalam karir saya. Saya dapat mengubah ide dan filosofi saya tergantung pada hasil, tetapi saya pikir kami pantas lolos ke Eropa."

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas