Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Di Balik Alasan PSSI Pilih Dirtek dari Jerman, Buka Kesempatan Pemain Indonesia Main di Eropa

PSSI ingin menggaet Direktur Teknik dari Jerman, baca peluang pemain Asia yang main di Bundesliga banyak, berharap bisa diikuti pemain Indonesia.

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Di Balik Alasan PSSI Pilih Dirtek dari Jerman, Buka Kesempatan Pemain Indonesia Main di Eropa
pssi.org
Timnas Indonesia merayakan gol di fase grup SEA Games 2023 lawan Filipina. PSSI ingin menggaet Direktur Teknik dari Jerman, baca peluang pemain Asia yang main di Bundesliga banyak, berharap bisa diikuti pemain Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM - Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) rencananya akan berangkat ke Frankfurt, Jerman pada pertengahn Juni mendatang yang akan diwakili oleh Ketua Umum, Erick Thohir, dan dua Waketum, Ratu Tisha serta Zainudin Amali.

Kunjungan itu untuk menjalin kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) dan menentukan Direktur Teknik (Dirtek) Timnas Indonesia yang baru.

Alasan yang diemban PSSI dalam misi ini cukup baik, melihat peluang dari sebaran pemain Asia yang bermain di Jerman.




Erick Thohir ingin pemain Timnas Indonesia kelak ada yang mendapatkan tempat untuk bermain di Eropa.

Baca juga: Rumor Joachim Low Jadi Direktur Teknik Timnas Indonesia, Apa Itu Direktur Teknik Sepak Bola?

"Kita pilih Jerman karena memang kemarin kita baru saja melakukan bilateral meeting dengan Jerman saat perjalanan saya dengan Bapak Presiden," ucap Erick Thohir, dikutip dari BolaSport.

"Lalu juga dengan Jerman, kita melihat ini potensi karena banyak sekali pemain Asia itu bermain di Liga Jerman," sambungnya.

"Inilah kenapa kita ingin membuat jendela kesempatan pemain timnas muda kita berlatih di Jerman, supaya tadi punya kesempatan, mereka juga bisa menyentuh Eropa. Ini kan baru mimpi-mimpi," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Menurut informasi yang diberikan PSSI, ada sekitar 170 pemain Asia yang bermain di Bundesliga.

Ini bagian dari proyek pengembangan sepak bola Indonesia, karena sebelumnya PSSI menjalin kerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA).

"Selain Jepang, kami juga akan kerja sama dengan DFB (Asosiasi Sepak Bola Jerman) untuk membantu menangani timnas muda kita," ucapnya, dikutip dari PSSI.

"Seperti diketahui, di Bundesliga banyak pemain Asia yang jumlahnya mencapai 170 pemain," sambungnya.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (kanan) bersama Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali memberikan keterangan pers di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (24/5/2023). Dalam kesempatan tersebut, Erick Thohir memastikan perhelatan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Argentina bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 19 Juni 2023 mendatang. WARTA KOTA/YULIANTO
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (kanan) bersama Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali memberikan keterangan pers di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (24/5/2023). Dalam kesempatan tersebut, Erick Thohir memastikan perhelatan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Argentina bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 19 Juni 2023 mendatang. WARTA KOTA/YULIANTO (WARTA KOTA/YULIANTO)

Menteri BUMN itu memastikan direktur teknik Timnas Indonesia nanti berasal dari Jerman.

"Meski saya belum menyebutkan nama, tapi saya pastikan Direktur Teknik PSSI nanti dari Jerman," jelasnya.

Erick Thohir ingin mendapatkan direktur teknik yang independen dan berkompeten di bidangnya sehingga bisa melihat semua kelompok usia Timnas Indonesia hingga level senior.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas