Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Fakta Menarik Skuad Timnas Indonesia di FIFA Matchday, 4 Jebolan Utrecht Mewahkan Garuda

Ada satu fakta menarik dibalik komposisi skuad Timnas Indonesia di FIFA Matchday dimana empat pemain sama-sama berasal dari jebolan akademi Utrecht.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Fakta Menarik Skuad Timnas Indonesia di FIFA Matchday, 4 Jebolan Utrecht Mewahkan Garuda
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pesepak bola Timnas Indonesia Marc Klok melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Thailand dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022). Dalam pertandingan tersebut Timnas Indonesia ditahan imbang oleh Thailand dengan skor 1-1. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Ada satu fakta menarik yang mewarnai komposisi skuad Timnas Indonesia di FIFA Matchday edisi Juni 2023.

Fakta menarik tersebut yakni keberadaan empat pemain Timnas Indonesia yang ternyata jebolan akademi klub Belanda, Utrecht.

Adapun empat pemain tersebut yakni Stefano Lilipaly, Marc Klok, Shayne Pattynama, dan Ivar Jenner.

Diketahui empat pemain tersebut sama-sama pernah menimba ilmu di Utrecht.

Baca juga: Timnas Indonesia vs Argentina, Marc Klok: Jangan Terlalu Panik, Striker Top di Tim Ini Juga Banyak

Pesepak bola Borneo FC, Stefano Lilipaly memasuki lapangan dalam laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 antara Bali United melawan Borneo FC di Stadion Sultan Agung, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (15/12/2022) sore. Pada pertandingan tersebut, Bali United takluk dari Borneo FC dengan skor 1-3 (0-0). TRIBUNNEWS/MUHAMMAD NURSINA
Pesepak bola Borneo FC, Stefano Lilipaly memasuki lapangan dalam laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 antara Bali United melawan Borneo FC di Stadion Sultan Agung, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (15/12/2022) sore. Pada pertandingan tersebut, Bali United takluk dari Borneo FC dengan skor 1-3 (0-0). TRIBUNNEWS/MUHAMMAD NURSINA (TRIBUNNEWS/MUHAMMAD NURSINA)

Sebagaimana diketahui Stefano Lilipaly menimba ilmu di Utrecht Youth mulai tahun 2001.

Dilansir Transfermarkt, Lilipaly bermain bersama akademi Utrecht sampai tahun 2012 saat dirinya masuk tim U21.

Setelah bermain bersama tim muda Utrecht, Lilipaly akhirnya memutuskan bergabung dengan Almere City pada tahun tersebut.

BERITA TERKAIT

Kini, Lilipaly tengah menikmati kariernya bersama Borneo FC sejak musim lalu.

Bersama Timnas Indonesia, Lilipaly telah tampil sebanyak 29 laga sejak debut pertama kali tanggal 14 Agustus 2013 silam.

Pesepak bola Timnas Indonesia Marc Klok melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Thailand dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022). Dalam pertandingan tersebut Timnas Indonesia ditahan imbang oleh Thailand dengan skor 1-1. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pesepak bola Timnas Indonesia Marc Klok melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Thailand dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022). Dalam pertandingan tersebut Timnas Indonesia ditahan imbang oleh Thailand dengan skor 1-1. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Lalu, ada Marc Klok yang pernah menjadi bagian akademi Utrecht pada tahun 2012-2013.

Setelah bermain bersama Utrecht muda, Marc Klok akhirnya pindah ke Ross County, salah satu klub sepak bola Skotlandia.

Begitupula dengan Shayne Pattynama yang belum lama mendapatkan kewarganegaraan Indonesia yang ternyata juga jebolan Utrecht.

Pemain yang kini memperkuat Viking FC itu pernah menjadi bagian akademi Utrecht tahun 2017-2019.

Dan terakhir yakni Ivar Jener yang juga merupakan pemain jebolan akademi Utrecht.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas