Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Liga Italia - Cari Pengganti Spalletti, Ini Kriteria Pelatih yang Diinginkan Presiden Napoli

Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis berbicara mengenai sosok pelatih ideal yang akan menggantikan Luciano Spalletti.

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Liga Italia - Cari Pengganti Spalletti, Ini Kriteria Pelatih yang Diinginkan Presiden Napoli
Carlo Hermann / AFP
Pemilik klub sepak bola SSC Napoli, Aurelio De Laurentiis (duduk di depan kanan), para pemain dan staf SSC Napoli berkumpul di atas panggung selama upacara untuk merayakan klub memenangkan gelar Scudetto Juara Italia pada 7 Mei 2023 di stadion Diego-Maradona di Naples. Carlo Hermann / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis berbicara mengenai sosok pelatih ideal yang akan menggantikan Luciano Spalletti.

Keinginan Aurelio De Laurentiis untuk menggunakan jasa Luis Enrique sebagai pelatih Napoli pengganti Spalletti kini menemui jalan yang sulit.

Luis Enrique dikabarkan lebih tertarik untuk menukangi tim Liga Inggris dibanding harus kembali lagi menjadi pelatih di Liga Italia.

Napoli pun kini harus mengarahkan bidikan ke pelatih lainnya untuk mengisi kursi kosong yang ditinggalkan Spalletti.

Rupanya ada kriteria khusus yang ditetapkan oleh Presiden Aurelio De Laurentiis dalam upaya mencari pelatih baru ini.

Persyaratan itu cukup fundamental dan terkait dengan ideologi bermain yang diinginkan oleh Aurelio De Laurentiis, yakni mengenai formasi permainan.

Baca juga: Adu Otot dengan Tim Liga Inggris, Napoli Coba Tarik Luis Enrique Jadi Pelatih Musim Depan

Ia menginginkan pelatih Napoli yang baru itu nantinya menggunakan sistem 4-3-3, alias bukan dengan formasi tiga bek.

BERITA REKOMENDASI

“Kami menilai beberapa pelatih menggunakan sistem 4-3-3 dengan pemain luar biasa kami yang ingin kami pertahankan,” kata De Laurentiis, dikutip dari Football Italia.

Sejauh ini, pihaknya telah memonitor sejumlah pelatih yang menggunakan formasi 4-3-3. Ia ingin yang terbaik dari yang terbaik guna mempertahankan supremasi Napali di Liga Italia.

Ia pun berharap apa yang akan menjadi pilihannya nanti bisa mendapat dukungan dari publik Napoli.

“Saya telah mengevaluasi sekitar sepuluh pelatih yang dapat menggunakan sistem ini [4-3-3] dan saya akan memilih yang terbaik untuk melanjutkan siklus kemenangan. Saya ingin berbuat lebih banyak tetapi saya membutuhkan dukungan dari semua Napeolitans,” tambah ADL.

Napoli untuk yang kedua kalinya di musim ini berhasil mengalahkan Juventus. Kemenangan ini sekaligus mendekatkan Partenopei ke status juara Liga Italia.
Napoli untuk yang kedua kalinya di musim ini berhasil mengalahkan Juventus. Kemenangan ini sekaligus mendekatkan Partenopei ke status juara Liga Italia. (sscnapoli.it)

Baca juga: Liga Italia - Cara Napoli Buat Khvicha Kvaratskhelia Makin Betah dan Tak Tergoda Pindah ke Klub Lain

Berdasar apa yang telah disampaikan De Laurentiis ini, nama Antonio Conte dan juga Gian Piero Gasperini kemungkinan akan tersisihkan.

Diketahui, mantan pelatih Juventus Antonio Conte cukup sering menggunakan pertahanan tiga bek. Pun demikian dengan juru taktik Atalanta, Gian Piero Gasperini.

Untuk saat ini, nama Thiago Motta (Bologna) dan Vincenzo Italiano (Fiorentina) tetap menjadi kandidat yang kredibel untuk pekerjaan di Stadion Diego Armando Maradona.

Selain menyangkut formasi, Aurelio de Laurentiis juga ingin pelatih yang baru nantinya tidak terlalu banyak merombak komposisi pemain yang ada saat ini.

“Perubahan tidak boleh menakutkan karena semuanya harus digunakan untuk perbaikan. Kami akan terus menjadi satu-satunya tim yang telah bermain di Eropa selama 14 tahun dan ini menjelaskan semua tentang keputusan pelatih."

“Saya punya keuntungan, saya tidak bisa bermain sepak bola, tapi saya tahu bagaimana menjadi pengusaha. Saya harus rasional dan mengerti apa yang terjadi. Saya belum membuat banyak kesalahan untuk saat ini dan berharap untuk melanjutkan,” kata dia.

Aurelio De Laurentiis
Aurelio De Laurentiis (zimbio.com)

(Tribunnews.com/Tio)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Napoli
7
5
1
1
14
5
9
16
2
Udinese
7
4
1
2
10
10
0
13
3
Juventus
6
3
3
0
9
0
9
12
4
Inter Milan
7
3
3
1
13
7
6
12
5
Torino
7
3
3
1
10
8
2
12
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas