Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Erick Thohir Minta Pemerintah Daerah Komitmen Turut Sukseskan Piala Dunia U-17 di Indonesia

Federasi sepakbola dunia, FIFA telah mengumumkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Erick Thohir Minta Pemerintah Daerah Komitmen Turut Sukseskan Piala Dunia U-17 di Indonesia
tribunnews.com/majid
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir beserta jajaran Exco PSSI saat melakukan konferensi pers terkait penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 di Menara Danareksa, Jakarta, Sabtu (24/6/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Federasi sepakbola dunia, FIFA telah mengumumkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 yang rencana akan diadakan pada 10 November – 2 Desember 2023.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan bahwa ini bukti FIFA masih mempercayai Indonesia dan ini jadi momentum yang tepat guna menunjukkan sepakbola Indonesia kepada dunia.

“Tentu pengumuman yang dilakukan FIFA tadi malam adalah sesuatu yang tidak hanya kita wajib merayakan, tetapi juga harus kita perjuangkan. Perjuangan dalam arti ini merupakan kesempatan buat Indonesia, rumah kita, panggung kita, untuk Garuda muda bisa mendunia,” kata Erick Thohir dalam sesi konferensi pers di Menara Danareksa, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Setelah diumumkan, kini PSSI mulai mempersiapkan segala hal baik dari Timnas Indonesia U-17 hingga fasilitas Stadion yang akan digunakan.

Untuk Stadion, Erick belum membeberkan karena masih menunggu inspeksi dari FIFA lebih dulu.

Hanya saja, pria yang menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut meminta kepada pemerintah Daerah yang nantinya ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan bisa benar-benar berkomitmen untuk mensukseskan gelaran Piala Dunia U-17.

BERITA REKOMENDASI

Erick tak ingin kejadian seperti Piala Dunia U-20 sebelumnya, di mana ada kepala Pemerintah Daerah yang tidak setuju kala itu konteks menolak kehadiran Tim Israel, sehingga protes-protes tersebut membuat Indonesia batal menggelar Piala Dunia U-20.

Untuk Piala Dunia U-17 kali ini sudah dipastikan tidak ada Tim Israel karena tidak lolos dari zona Eropa.

“Saya melihat juga masalah kendala dari Pemerintah Daerah dan Pusat, saya rasa kita harus bersepakat, kerja sama Pemerintah Daerah dan Pusa. Itu harus satu, tidak terpisah-pisah. Jangan sampai kita sebagai bangsa dilihat tidak siap oleh luar negeri,” ujar Erick.

“Saya berharap Pemerintah Daerah, yang nanti masuk dalam daftar FIFA, tanda tangan dan memberikan komitmen. Tentu kita sabar saja, kasih waktu karena terus terang, kami semua di kepengurusan PSSI sebenarnya juga tidak tahu ketika ada pembicaraan lebih dalam (soal jadi tuan rumah),” jelasnya.

Lebih lanjut, Erick membeberkan saat dirinya mendapatkan kabar penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 pada Kamis (23/6/2023) malam, dirinya pun langsung memberitahu jajaran Menteri lainnya.

Mereka pun dikatakan Erick sangat ingin membantu guna mensukseskan gelaran Piala Dunia U-17 di Indonesia.

“Lalu saya laporkan juga beberapa Menteri tadi malam, Menteri Keuangan penting untuk dilaporkan, Pak Basuki, lalu Pak Menpora di Jerman juga, dan semua bersepakat ingin mensukseskan hal ini,” ujar mantan Presiden Inter Milan tersebut.

“Alhamdulillah ini kesempatan buat Indonesia. Mungkin FIFA melihat kita bangkit, kemarin di SEA Games bagus, FIFA Matchday Palestina dan Argentina juga bagus, kita berani menjadi host AFC U-17, ini tentu menjadi pertimbangan mereka,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Persebaya
7
5
2
0
7
2
5
17
2
Borneo
7
4
3
0
10
3
7
15
3
Bali United
7
4
2
1
12
6
6
14
4
Persib
7
3
4
0
13
7
6
13
5
PSM Makasar
7
3
3
1
9
4
5
12
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas