Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Pemain Legenda Timnas Indonesia Gelar Eksibisi di JIS, Begini Kesan Mereka

H Habil Marati, mantan manajer timnas menyatakan, para mantan pemain timnas punya hak menjudge apakah stadion JIS memenuhi kriteria FIFA atau tidak

Penulis: Erik S
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pemain Legenda Timnas Indonesia Gelar Eksibisi di JIS, Begini Kesan Mereka
HandOut/IST
Para mantan pemain tim nasional pada era 80-an dan 90-an melakukan pertandingan eksebisi di Stadion Jakarta Internasional Stadium (JIS), Sabtu, (15/7/2023). 

Pemain Legenda Timnas Indonesia Era 80-an Gelar Eksibisi di JIS, Begini Kesan Mereka

Laporan Wartawan Tribunnews, Erik Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Para mantan pemain tim nasional pada era 80-an dan 90-an melakukan pertandingan eksebisi di Stadion Jakarta Internasional Stadium (JIS), Sabtu, (15/7/2023).

Pertandingan eksibisi antara lain mantan pemain timnas yang sudah mempunyai nama besar dan sudah malang melintang dalam berbagai pertandingan mengharumkan nama Indonesia. 

Mereka di antaranya Roby Darwis (57), Rocky Putiray (53), Heri Kiswanto (68) dan lainnya. 

Baca juga: Mantan Pengurus BTN PSSI: Stadion JIS Sudah Standar FIFA, Level U-17 Ketinggian Main di Sini

H Habil Marati, mantan manajer timnas yang memfasilitasi eksibisi menyatakan, para mantan pemain timnas mempunyai hak menjudge apakah stadion JIS ini memenuhi kriteria FIFA atau tidak, dan stadion JIS sesuai dengan standart FIFA.

“Stadion JIS lapamgannya didesign oleh Buro Happold asal Inggris pasti akan sesuai dengan standart FIFA dan stadion ini sudah standart bintang 5 sama dengan stadion piala dunia di Qatar,” ujar Habil Marati.

BERITA REKOMENDASI

Menurut Habil Marati, FIFA memiliki kriteria SAPCA (sport and play contruction asosiation) standart kontruksi stadion bola dan JIS sudah memenuhinya. Dari segi rumput sesuai dengan pasal 22 dan 23.

“Rumput ada 3, rumput alam, rumput hybrid dan rumput karpet. Rumput ada 2 kriteria lagi, rumput musim panas dan rumput musim dingin,” jelasnya.

Mantan pengurus Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Habil Marati saat diwawancarai sebelum bermain dengan para legenda Timnas Indonesia di Lapangan Latihan Stadion JIS, Sunter, Jakarta, Sabtu (15/7/2023).
Mantan pengurus Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Habil Marati saat diwawancarai sebelum bermain dengan para legenda Timnas Indonesia di Lapangan Latihan Stadion JIS, Sunter, Jakarta, Sabtu (15/7/2023). (Tribunnews/Abdul Majid)

Baca juga: Legenda Timnas Indonesia Robby Darwis: Stadion JIS Bisa Dipakai Piala Dunia U-17 2023

Di Indonesia, sambung Habil Marati, memakai rumput musim panas. Oleh karena itu rumput musim panas tidak bisa dipakai di Eropa. Sehingga rumput harus sesuai dengan biolical and climate dan itu ada di SAPCA (sport and play contruction asosiation)

“Stadion ini (JIS) sudah standar. Didesign multy use game area bisa untuk konser Black Pink, Jakarta 48. Bisa semua jadi bisa dipakai multy fungsi,” kata dia.

Habil Marati menegaskan, Stadion JIS harus menjadi stadion kebanggaan rakyat Indonesia. Salah satu stadion standar FIFA adalah JIS yang dibangun tahun 2017 oleh Gubernur DKI , Anies Rasyid Baswedan.

Sementara itu Robby Darwis, mantan Kapten Timnas mengatakan, Stadion JIS layak dan memenuhi standar FIFA. Bahkan ketika main di Jepang pun fasilitasnya sesuai dengan fasilitas di stadion JIS.

“Menurut saya lapangan JIS itu bisa dikatakan standart piala dunia, saya juga mengalami baik Piala Asia maupun Pra Piala Dunia, standarnya ga jauh seperti ini,” tandasnya.

Zen Al Hadad, mantan Kapten Timnas menambahkan, ia dan teman - temannya adalah pelaku sepak bola. Karena ia sudah 40 tahun bermain sepak bola dari jadi pemain hingga menjadi pelatih.

“Jadi menurut saya kita harus bangga punya stadion JIS dan saya rasa ini sudah memenuhi standart,” paparnya.

“Kalau semisal masih ada kekurangan kan masih ada 4-5 bulan. Tapi sebagai insan sepak bola kita ingin sepak bola kita maju dan kita ingin stadion ini bisa kita gunakan dan menjadi sebuah kebanggaan. Dan perlu kita perhatiakan kita ini mendapat kepercayaan satu kehormatan menjadi tuan rumah Piala Dunia U 17. Jadi ini sebaiknya dimanfaatkan dan dijaga sebaik mungkin,” kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
6
4
1
1
15
7
8
13
5
Aston Villa
6
4
1
1
12
9
3
13
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas