Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Timnas Indonesia U17 Mayoritas Skuad Juara AFF U-16, Sisanya dari Seleksi 12 Wilayah dan Keturunan

Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti mengatakan skuad U-17 yang akan berlaga pada Piala Dunia U-17 2023 mayoritas pemain Timnas U-16.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Muhammad Barir
zoom-in Timnas Indonesia U17 Mayoritas Skuad Juara AFF U-16, Sisanya dari Seleksi 12 Wilayah dan Keturunan
Tribunnews/Abdul Majid
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti saat diwawancarai usai memimpin latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (20/7/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti mengatakan skuad Timnas Indonesia U-17 yang akan berlaga pada Piala Dunia U-17 2023 mayoritas dihuni pemain Timnas U-16 yang menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Bima Sakti menilai dirinya telah mengetahui karakter pemain yang telah bersama sejak 2021 silam.

Kata Bima Sakti, sekitar 70 hingga 80 persen adalah pemain-pemain yang lama, pemain yang sudah ada sejak pembentukan dan juga di Piala AFF, di kualifikasi (Piala Asia) sebagian besar mereka.

“Ya sekitar 70-80 persen karena itu pemain-pemain yang lama, dan rekan-rekan bisa lihat sendiri kan gimana latihan mereka, pemain yang sudah dari saya sejak 2021 pembentukan dan kemarin juga di Piala AFF (juara), di kualifikasi (Piala Asia), ya sebagian besar adalah mayoritas mereka,” kata Bima Sakti usai memimpin latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Sementara sisanya, Bima Sakti akan mencari dari pemain yang mengikuti seleksi di 12 Wilayah dan para pemain Diaspora atau keturunan.

“Tinggal ditambah nanti pemain-pemain yang dari diaspora, kemudian pemain yang kami dapat juga di seleksi beberapa kota ini,” ujar Bima Sakti.

BERITA TERKAIT

“Dan rencananya hari Sabtu nanti saya akan seleksi lagi di Samarinda, ada di Makassar, ada di Manado, di Banjarmasin juga,” sambungnya.

Lebih lanjut pelatih berusia 46 tahun tersebut masih belum bisa memastikan berapa pemain untuk memperkuat Piala Dunia U-17 2023 karena masih menunggu dari aturan Piala Dunia U-17.

Untuk itu, saat menjalani pemusatan latihan di Jerman pada September mendatang, Bima Sakti akan membawa lebih dari 34 pemain.

“Kami nanti akan lihat lagi (kuota pemain Piala Dunia U-17-re) Tapi untuk berangkat ke Jermannya lebih dari 34 (pemain),” ujar eks pemain Timnas Indonesia tersebut.

“Tapi nanti kami akan lihat regulasi untuk pas World Cup-nya berapa jumlahnya. Kalau AFF kemarin kan 28 (pemain). Kemudian kalau kualifikasi (Piala Asia) kemarin 23. Di Piala Dunia U-17 otomatis juga mungkin lebih banyak,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Piala Dunia U-17 yang diikuti 24 pemain akan diadakan di Indonesia pada 10 November – 2 Desember 2023.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas