Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

UEFA Resmi Coret Juventus dari Liga Konferensi Eropa Musim Depan, Fiorentina Ketiban Berkah

Juventus resmi disanksi UEFA dan dikeluarkan dari Liga Konferensi Eropa 2023/2024. Juve juga didenda 10 juta euro atas pelanggaran penyimpangan.

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Salma Fenty
zoom-in UEFA Resmi Coret Juventus dari Liga Konferensi Eropa Musim Depan, Fiorentina Ketiban Berkah
MARCO BERTORELLO / AFP
Pendukung Juventus memberikan penghormatan kepada bek Italia Giorgio Chiellini untuk pertandingan terakhirnya dengan seragam Juventus selama pertandingan sepak bola Serie A Italia Juventus vs Lazio pada 16 Mei 2022 di "Stadion Allianz" di Turin. Juventus resmi disanksi UEFA dan dikeluarkan dari Liga Konferensi Eropa 2023/2024. Juve juga didenda 10 juta euro atas pelanggaran penyimpangan keuangan. MARCO BERTORELLO / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Juventus resmi disanksi UEFA dan dikeluarkan dari Liga Konferensi Eropa 2023/2024.

Selain itu, Juventus juga didenda 10 juta euro atas pelanggaran penyimpangan keuangan.

Denda itu bisa naik menjadi 20 juta euro apabila Juventus gagak memenuhi persyaratan Financial Fair Play selama tiga tahun ke depan.

Dengan adanya sanksi ini, tempat La Vecchia Signora di Liga Konferensi Eropa kini akan diambil alih oleh Fiorentina yang musim lalu finis tepat dibawah Juventus di tabel klasemen Liga Italia.

Lebih jauh, ini juga akan memawa keuntungan bagi Fiorentina yang sebelumnya kalah di laga final saat melawan West Ham.

Keputusan sanksi yang diberikan EUFA ini berkaitan dengan pelanggaran yang dilakukan Juventus mengenai masalah penyimpangan laporan keuangan.

Baca juga: Cuplikan Video saat Juventus Imbangi Milan 2-2 di Waktu Normal, Maksimalkan Umpan Bola-bola Mati

Juventus sebelumnya telah disanksi mengalami pengurangan 10 poin di pentas Liga Italia musim lalu.

BERITA TERKAIT

Itu membuat mereka akhirnya turun dari tempat ketiga ke ketujuh, lolos bukan ke Liga Champions atau bahkan Liga Europa, tetapi Liga Konferensi.

“First chamber CFCB menyimpulkan Juventus melanggar kerangka peraturan UEFA, dan melanggar perjanjian penyelesaian yang ditandatangani pada Agustus 2022,” demikian pernyataan resmi UEFA melalui laman resmi mereka.

“Akibatnya, First chamber CFCB mengakhiri perjanjian penyelesaian yang dibuat dengan klub,” terang UEFA.

Atas keputusan UEFA ini, Juventus telah merilis pernyataan yang mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan menajukan banding terhadap keputusan ini.

Langkah Juventus yang menerima sanksi itu menandakan sebuah rekonsiliasi hubungan antara UEFA dengan klub Italia tersebut.

Para pemain Juventus merayakan kemenangan penalti pertandingan oleh gelandang Argentina Matias Soule pada akhir adu penalti selama pertandingan sepak bola persahabatan pramusim antara Juventus FC dan AC Milan di Dignity Health Sports Park di Carson, California, pada 27 Juli 2023.
Para pemain Juventus merayakan kemenangan penalti pertandingan oleh gelandang Argentina Matias Soule pada akhir adu penalti selama pertandingan sepak bola persahabatan pramusim antara Juventus FC dan AC Milan di Dignity Health Sports Park di Carson, California, pada 27 Juli 2023. (Frederic J. BROWN / AFP)

Baca juga: Nasib Lukaku Belum Menentu, Juventus Ingin Merekrutnya dengan Status Pinjaman, Lautaro Merasa Kecewa

Juventus ingin memisahkan diri dari era Agnelli yang sebelum kerap menentang UEFA.

"Kami memilih untuk mengakhiri periode ketidakpastian dan memastikan visibilitas penuh dan kepastian kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal kami tentang partisipasi klub dalam kompetisi internasional di masa depan," kata Presiden Gianluca Ferrero dalam sebuah pernyataan.

“Mengajukan banding, mungkin ke tingkat penilaian lain, dengan hasil dan waktu yang tidak pasti, akan meningkatkan ketidakpastian sehubungan dengan partisipasi kami di Liga Champions UEFA 2024/25,” ujarnya.

Di sisi lain, mereka juga lebih suka mengambil sanksi pengecualian UEFA musim ini ketika mereka hanya berada di Liga Konferensi dan melindungi potensi kualifikasi mereka untuk Liga Champions musim depan yang jauh lebih menguntungkan.

Pendukung Juventus bersorak untuk tim mereka selama pertandingan sepak bola leg pertama semifinal Piala Italia antara Juventus dan Inter Milan pada 4 April 2023 di
Pendukung Juventus bersorak untuk tim mereka selama pertandingan sepak bola leg pertama semifinal Piala Italia antara Juventus dan Inter Milan pada 4 April 2023 di "Stadion Allianz" di Turin. Marco BERTORELLO / AFP (Marco BERTORELLO / AFP)

(Tribunnews.com/Tio)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas