Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Rekor Pep Guardiola & Man City Usai Juara Piala Super Eropa 2023

Rekor Pep Guardiola dan Manchester City usai mengalahkan Sevilla lewat penalti di laga final Piala Super Eropa, Kamis (17/8/2023).

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Sri Juliati
zoom-in Rekor Pep Guardiola & Man City Usai Juara Piala Super Eropa 2023
Aris MESSINIS / AFP
Bek Inggris Manchester City #02 Kyle Walker memegang trofi di podium setelah memenangkan pertandingan sepak bola Piala Super UEFA 2023 antara Manchester City dan Sevilla di Stadion Georgios Karaiskakis di Piraeus pada 16 Agustus 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Pelatih berusia 52 tahun asal Spanyol, Pep Guardiola berhasil mengantarkan tim asuhannya, Manchester City juara Piala Super Eropa, Kamis (17/8/2023) dini hari WIB.

Berlangsung di Karaiskakis Stadium, Yunani, Manchester City yang notabene juara Liga Champions menang atas kampiun Liga Eropa, Sevila melalui adu penalti setelah imbang 1-1 (5-4) hingga 120 menit waktu pertandingan usai.

Keberhasilan Pep Guardiola dan Manchester City juara Piala Super Eropa menorehkan tinta emas dalam buku sejarah.

Ini adalah kali pertama Manchester City memenangkan trofi Piala Super Eropa setelah trofi pertama Liga Champions pada Juni lalu.

Baca juga: Hasil Final Piala Super Eropa: Manchester City Juara Lewat Penalti, Pep Guardiola Panen Rekor

Sementara bagi Pep Guardiola, ini kali keempat bagi pelatih berkepala plontos itu mengangkat trofi.

Capaian Pep berhasil menyamai torehan Don Carlo Ancelotti.

Namun yang membedakan, Pep meraih empat trofi dengan tiga klub berbeda, sementara Ancelotti juara dengan dua klub.

BERITA TERKAIT

Prestasi tertinggi di Eropa dimulai Pep saat menukangi Barcelona pada tahun 2009, lalu 2011, kesuksesan bersama Bayern Munchen tahun 2013, dan terbaru 10 tahun setelah itu.

Sedangkan Ancelotti memulai kejayaan bersama AC Milan tahun 2003 dan 2007, lalu bersama Real Madrid 2014 dan edisi sebelumnya, 2022.

Jika ditotal, Pep dan Ancelotti sejatinya telah meraih lima trofi, satu yang tersisa saat mereka masih aktif menjadi pemain.

Ancelotti sukses bersama AC Milan pada tahun 1990, sementara Pep dengan Barcelona dua tahun berselang.

Keberhasilan Pep menjadikan Manchester menjadi tim ke-25 yang menjuarai Piala Super Eropa.

Bek Inggris Manchester City #02 Kyle Walker memegang trofi di podium setelah memenangkan pertandingan sepak bola Piala Super UEFA 2023 antara Manchester City dan Sevilla di Stadion Georgios Karaiskakis di Piraeus pada 16 Agustus 2023.
Bek Inggris Manchester City #02 Kyle Walker memegang trofi di podium setelah memenangkan pertandingan sepak bola Piala Super UEFA 2023 antara Manchester City dan Sevilla di Stadion Georgios Karaiskakis di Piraeus pada 16 Agustus 2023. (Aris MESSINIS / AFP)

"Di masa lalu, saya terkadang memiliki perasaan tentang kurangnya motivasi ketika skuat banyak memenangkan trofi," ucap Pep usai laga, dikutip dari laman UEFA.

"Tapi hari ini, saya tidak memiliki perasaan itu. Kami sangat senang memiliki trofi ini. Kami melewatkan satu yang bisa membuat kami melakukan putaran penuh yang berikutnya," sambungnya.

Ya, Manchester City akan menjadi wakil Eropa untuk tampil di Piala Dunia Antarklub FIFA.

Bagi Sevilla, nasib mereka kalah bertaruh melawan jawara Liga Champions tak pernah mujur.

Kekalahan ini menjadi yang keenam secara beruturut-turut yang mereka rasakan sejak pertama kalinya tahun 2006 melawan Barcelona.

Pep Guardiola juara Piala Super Eropa empat kali
Manajer Spanyol Manchester City Pep Guardiola merayakan setelah memenangkan pertandingan sepak bola Piala Super UEFA 2023 antara Manchester City dan Sevilla di Stadion Georgios Karaiskakis di Piraeus pada 16 Agustus 2023.

(Tribunnews.com/Sina)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas