Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Tanggapan Ketua Umum PSSI Erick Thohir Soal Seruan Indonesia Keluar dari AFF

PSSI akan lebih selektif mengirim Timnas Indonesia untuk tampil pada kejuaraan-kejuaraan tidak resmi FIFA seperti AFF.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Tanggapan Ketua Umum PSSI Erick Thohir Soal Seruan Indonesia Keluar dari AFF
Tribunnews/Abdul Majid
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bersama dengan Waketum PSSI Zainudin Amali dan Dirtek PSSI Indra Sjafri saat diwawancarai di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (30/8/2023). 

Tanggapan Ketua Umum PSSI Erick Thohir Soal Seruan Indonesia Keluar dari AFF

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menanggapi soal suara atau desakan dari masyarakat pecinta sepakbola Indonesia agar Timnas Indonesia tak lagi ikut kejuaraan sepakbola antar negara-negara Asia Tenggara, yang dinaungi asosiasi sepakbola Asia Tenggara (AFF).

Dorongan itu sempat trending di sosial media lantaran Timnas Indonesia U-23 banyak mendapatkan perilaku tidak adil saat tampil pada Piala AFF U-23 di Thailand.

Tak hanya itu, sebelumnya saat Timnas Indonesia berlaga di SEA Games 2023 Kamboja juga beberapa kali sempat dicurangi.

Baca juga: Media China Bahas Peluang Timnas Indonesia dan PSSI Gabung EAFF Jika Cabut dari AFF

Mengetahui hal itu, Erick Thohir coba memahami kekecewaan masyarakat pecinta sepakbola Indonesia.

Untuk itu, kini pihaknya akan lebih selektif mengirim Timnas Indonesia untuk tampil pada kejuaraan-kejuaraan tidak resmi FIFA seperti AFF.

BERITA TERKAIT

“Itu kan dorongan daripada sahabat suporter dan publik, tetapi kalau kami di PSSI, kita yang ingin mesti mensinkronisasi jadwal timnas dan liga dan internasional,” kata Erick saat diwawancarai seusia menyaksikan pertandingan Indonesia U-17 vs Korsel U-17 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (30/8/2023).

“Bilamana kita merasa jumlah pemain kita tidak cukup dan juga jadwalnya terlalu padat, ya bukan tidak mungkin kita juga bisa mengurangi pertandingan-pertandingan yang tidak sesuai dengan kalender FIFA,”

“Tapi masih terlalu dini. Kita jangan gara-gara kemarin titik titik titik mestinya titik titik titik enggak dapat,” terangnya.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong kedapatan menonton pertandingan FIBA World Cup 2023 antara Kanada vs Latvia, Selasa (29/8/2023) malam WIB bersama Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong kedapatan menonton pertandingan FIBA World Cup 2023 antara Kanada vs Latvia, Selasa (29/8/2023) malam WIB bersama Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI. (Instagram resmi @shintaeyong7777)

Seperti diketahui pada pertandingan Piala AFF U-23, Shin Tae-yong terlihat sangat kesal dengan kepemimpinan wasit yang menurutnya mengubah alur pertandingan.

Keputusan wasit yang merugikan Indonesia antara lain penalti yang diberikan kepada Malaysia, gol Sananta yang dianulir karena offside padahal dalam keadaan onside saat menghadapi Timor Leste.

Usai tampil di Piala AFF U-23, Shin Tae-yong mengalihkan fokus untuk laga FIFA Matchday kontra Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, pada 8 September mendatang.

Tak hanya itu, pelatih asal Korea Selatan tersebut juga tengah fokus mempersiapkan Timnas U-23 jelang tampil pada Kualifikasi Piala Asia U-23 grup K yang diadakan di Stadion Manahan Solo pada 6-12 September 2023.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas