Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Marseille vs Brighton: Duel Duo Pelatih Italia Gattuso vs De Zerbi, Si Badak Puji Tim Lawan

Laga Marseille vs Brighton di Liga Eropa akan mempertemukan dua pelatih asal Italia, Roberto De Zerbi dan Gennaro Gattuso.

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Marseille vs Brighton: Duel Duo Pelatih Italia Gattuso vs De Zerbi, Si Badak Puji Tim Lawan
Glyn KIRK / AFP
Pelatih kepala Brighton asal Italia Roberto De Zerbi merayakan akhir pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Brighton dan Hove Albion dan Newcastle United di Stadion Komunitas American Express di Brighton, Inggris selatan pada 2 September 2023. Brighton dan Hove Albion menang 3 - 1 melawan Newcastle United. Glyn KIRK / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Laga Marseille vs Brighton di Liga Eropa akan mempertemukan dua pelatih asal Italia, Roberto De Zerbi dan Gennaro Gattuso.

Duel Marseille vs Brighton dijadwalkan akan terjadi di Stade Vélodrome pada Kamis (5/10/2023) pukul 23.45 WIB.

Ini akan menjadi laga kedua Gattuso memimpin Marseille setelah mengambil alih tim pekan lalu, menggantikan Marcelino.




Di laga pertama, Gattuso kalah secara dramatis 3-2 saat Marseille bertemu AS Monaco.

Kini, ujian berat kembali hadir menantinya. Lawannya bukanlah sosok yang asing untuknya, sesama Italia, Roberto de Zerbi.

Kedua juru taktik asal Italia ini saling mengenal dengan baik dan sudah menjalani 10 pertemuan sebelumnya.

Baca juga: Kiprah Manis De Zerbi di Brighton, Sukses Catatkan Sejarah Pencapaian Klub Setelah 122 Tahun

Gattuso sejauh unggul dalam head to head melawan De Zerbi dengan lima kemenangan, tiga kali imbang, dan hanya dua kali kalah.

BERITA TERKAIT

Dikutip dari Football Italia, pertemuan pertama antara keduanya terjadi pada 2016 di mana insiden panas terjadi kala itu di final final promosi Serie B.

Kala itu, Pisa yang dilatih Gattuso memenangkan leg pertama 4-2 di kandangnya. Masalah muncul saat leg kedua di Foggia yang berakhir 1-1.

Kala itu, pelatih yang dijuluki Si Badak saat berseragam AC  Milan ini, terkena benda yang dilempar dari tribun penonton. De Zerbi tampaknya tidak terkesan. Keduanya berdebat sebelum invasi lapangan oleh ultras Foggia.

Mereka bertemu lagi di Serie A ketika Gattuso melakukan debutnya melatih AC Milan saat bertandang ke Benevento pada Desember 2017.

Rossoneri dua kali memimpin, namun Benevento yang sama sekali tak dijagokan namun tetap semangat, akhirnya bisa menyamakan skor 2-2.

Itu adalah poin bersejarah pertama di Serie A bagi Benevento. Luar biasanya, tim kecil asuhan De Zerbi itu memenangkan pertemuan kedua musim itu, 1-0 di San Siro.

Terakhir kali mereka bertemu adalah pada musim Serie A 2020-21 dengan dua pertandingan penting, saat Sassuolo asuhan De Zerbi mengejutkan Napoli dengan kemenangan tandang 2-0, kemudian menahan tim asuhan Gattuso dengan skor menegangkan 3-3.

Pelatih Napoli Italia Gennaro Gattuso bereaksi pada akhir pertandingan sepak bola Serie A Italia Napoli vs Juventus pada 13 Februari 2021 di stadion Diego Maradona (San Paolo) di Napoli.
Filippo MONTEFORTE / AFP
Pelatih Napoli Italia Gennaro Gattuso bereaksi pada akhir pertandingan sepak bola Serie A Italia Napoli vs Juventus pada 13 Februari 2021 di stadion Diego Maradona (San Paolo) di Napoli. Filippo MONTEFORTE / AFP (Filippo MONTEFORTE / AFP)

Baca juga: Pesona Tonali yang Bikin Newcastle Rela Tebus Mahal, Totti Pernah Sebut Campuran Pirlo dan Gattuso

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas