Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Level Senior Belum Setara, Media Vietnam Tuding Timnas Indonesia Cuma Jago di Level Usia Muda

Salah satu media Vietnam, Thanh Nien kembali menyoroti kiprah Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir di kancah regional.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Drajat Sugiri
zoom-in Level Senior Belum Setara, Media Vietnam Tuding Timnas Indonesia Cuma Jago di Level Usia Muda
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam dalam pertandingan Semifinal Leg 1 Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023). Pada laga melawan Vietnam tersebut Indonesia meraih hasil seri 0-0. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Salah satu media Vietnam kembali menyoroti kiprah Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir di kancah regional.

Media Vietnam bernama Thanh Nien memandang Timnas Indonesia hanya jago di level usia muda saja.

Ketika sudah bertarung di level senior, Timnas Indonesia dianggap belum bisa mematahkan dominasi Thailand dan Vietnam.




Hal itu dibuktikan dengan ketidakmampuan Garuda bersaing memperebutkan gelar juara di kancah Piala AFF.

Baca juga: Peta Kekuatan Lawan Timnas Indonesia di Ronde Kedua: Irak Terkuat, Vietnam & Filipina Selevel

Pesepak bola Timnas Indonesia Pratama Arhan menendang bola ke arah gawang Timnas Vietnam dalam pertandingan Semifinal Leg 1 Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023). Pada laga melawan Vietnam tersebut Indonesia meraih hasil seri 0-0. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pesepak bola Timnas Indonesia Pratama Arhan menendang bola ke arah gawang Timnas Vietnam dalam pertandingan Semifinal Leg 1 Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023). Pada laga melawan Vietnam tersebut Indonesia meraih hasil seri 0-0. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

"Malaysia, Indonesia dan Myanmar memang telah berinvestasi bagus bagi sepak bola remaja dalam beberapa waktu terakhir," tulis Thanh Nien.

"Namun hanya Indonesia saja yang untuk sementara mampu mendominasi turnamen level U23,"

"Tetapi di level senior terutama Piala AFF, beberapa musim terakhir masih menjadi milik Vietnam dan Thailand," tambahnya.

BERITA TERKAIT

Sindiran yang dilayangkan salah satu media Vietnam itu jelas menimbulkan pro kontra.

Disisi lain, Timnas Indonesia level senior sejauh ini memang masih kalah dalam hal prestasi terutama memenangkan gelar juara.

Sepanjang turnamen Piala AFF, Timnas Indonesia level senior nyatanya belum pernah memenangkan ajang tersebut.

Pesepak bola Timnas Indonesia Marc Klok saat menghadapi Timnas Vietnam dalam pertandingan Semifinal Leg 1 Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023). Pada laga melawan Vietnam tersebut Indonesia meraih hasil seri 0-0. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pesepak bola Timnas Indonesia Marc Klok saat menghadapi Timnas Vietnam dalam pertandingan Semifinal Leg 1 Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023). Pada laga melawan Vietnam tersebut Indonesia meraih hasil seri 0-0. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Sejak pertama kali digelar pada tahun 1996, Timnas Indonesia lebih layak dianggap sebagai juara tanpa mahkota.

Hal ini dikarenakan Timnas Indonesia lebih sering menjadi pecundang ketimbang pemenang di final Piala AFF.

Timnas Indonesia tercatat sudah enam kali mencapai final dan harus puas sebagai runner-up saja di ajang dua tahunan tersebut.

Berbeda dengan Timnas Indonesia usia muda yang cenderung dianggap mampu mendulang prestasi terutama dalam hal meraih gelar juara.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas