Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Erling Haaland Raih Gerd Muller Trophy 2023, Cap Paten Striker Terbaik di Dunia

Erling Haaland mendapatkan Müller Trophy setelah musim debutnya yang fenomenal bersama Manchester City.

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Erling Haaland Raih Gerd Muller Trophy 2023, Cap Paten Striker Terbaik di Dunia
FRANCK FIFE /AFP
Penyerang Manchester City asal Norwegia Erling Haaland memberi isyarat di atas panggung saat ia menerima Trofi Gerd Muller untuk Striker Terbaik pada upacara penghargaan Ballon d'Or France Football 2023 di Theatre du Chatelet di Paris pada 30 Oktober 2023. FRANCK FIFE /AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Erling Haaland mendapatkan Gerd Muller Trophy 2023 setelah musim debutnya yang fenomenal bersama Manchester City.

Penghargaan ini diberikan kepada striker yang tampil top di musim lalu di Eropa untuk klub dan negaranya.

Penghargaan ini diterima Haaland dalam serangkaian upacata Ballon d'Or di Theatre du Chatelet di Paris, Selasa (31/10/2023) dinihari WIB.

Haaland tampil bersinar di musim lalu, mencetak 52 gol di semua kompetisi bersama Manchester City.

Ia menjadi top skor Liga Inggris dengan 36 gol dan juga Liga Champions dengan 12 gol.

Haaland membantu Manchester City meraih treble winners di musim pertamanya, memenangkan Liga Inggris, Piala FA dan Liga Champions.

Baca juga: Jude Bellingham Raih Kopa Trophy 2023, Penghargaan untuk Pemain Muda Terbaik

Untuk diketahui, penghargaan Trofi Gerd Muller ini baru diperkenalkan pada tahun 2021 sebagai bagian dari upacara Ballon d'Or.

BERITA TERKAIT

Haaland menjadi pemain kedua yang mengangkat hadiah bergengsi tersebut mengikuti jejak penerima tahun 2021 dan 2022 Robert Lewandowski.

Setelah bergabung dengan City dari Borussia Dortmund pada musim panas 2022, Haaland kemudian menikmati musim perdananya yang menakjubkan di Etihad Stadium.

Bisa dibilang, tidak ada pemain yang memberikan dampak instan lebih besar di Premier League karena Haaland memecahkan sejumlah rekor dalam perjalanannya membantu City mengklaim gelar liga ketiga berturut-turut serta mengamankan Piala FA dan Liga Champions.

Total 52 gol Haaland dalam satu musim adalah yang terbanyak di semua kompetisi yang dilakukan oleh seorang pemain di klub Premier League dan terbanyak oleh pemain City mana pun dalam 129 tahun sejarah klub.

Baca juga: Perampokan Terbesar Ballon dOr: Haaland Rawan Senasib dengan Van Dijk & Duo Bayern Munchen

Selain memecahkan rekornya untuk City, Haaland juga mencetak empat gol untuk Norwegia dalam event internasional mereka sepanjang musim 2022/23.

Haaland berhasrat, apa yang dicapainya di musim lalu bisa diulangi di musim ini.

“Merupakan suatu kehormatan besar untuk menerima Trofi Gerd Muller," ujar Haaland dikutip dari laman resmi klub.

“Saya tidak bisa mencetak gol sebanyak yang saya cetak musim lalu tanpa semua rekan satu tim saya dan penghargaan ini merupakan pengingat akan tahun luar biasa yang kita semua nikmati bersama," kata Haaland saat menerima penghargaan tersebut.

“Kami bekerja keras setiap hari untuk memenangkan setiap pertandingan dan kompetisi yang kami ikuti, namun tidak hanya mengangkat trofi Liga Champions pertama dalam sejarah Klub ini tetapi juga Premier League dan Piala FA adalah sesuatu yang tidak dapat kami bayangkan."

“Saya bangga dengan apa yang kami capai sebagai tim musim lalu, tapi fokus kami sekarang adalah mencoba mengulanginya lagi tahun ini,” ujarnya.

Penyerang Manchester City asal Norwegia Erling Haaland memberi isyarat di atas panggung saat ia menerima Trofi Gerd Muller untuk Striker Terbaik pada upacara penghargaan Ballon d'Or France Football 2023 di Theatre du Chatelet di Paris pada 30 Oktober 2023. FRANCK FIFE /AFP
Penyerang Manchester City asal Norwegia Erling Haaland memberi isyarat di atas panggung saat ia menerima Trofi Gerd Muller untuk Striker Terbaik pada upacara penghargaan Ballon d'Or France Football 2023 di Theatre du Chatelet di Paris pada 30 Oktober 2023. FRANCK FIFE /AFP (FRANCK FIFE /AFP)

(Tribunnews.com/Tio)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas