Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Shakhtar vs Barcelona: Misi Barca untuk Bisa Lolos Langsung ke 16 Besar Liga Champions

Barcelona bisa langsung lolos ke babak 16 besar Liga Champions jika tak kalah dari Shakhtar Donetsk dalam pekan keempat Grup H di Volksparkstadion.

Penulis: Deny Budiman
Editor: Muhammad Barir
zoom-in Shakhtar vs Barcelona: Misi Barca untuk Bisa Lolos Langsung ke 16 Besar Liga Champions
PAU BARRENA / AFP
Penyerang Barcelona, Ferran Torres (kanan) merayakan gol melawan Shakhtar Donetsk di Liga Champions di Estadi Olimpic Lluis Companys pada 25 Oktober 2023. 

TRIBUNNEWS.COM- Barcelona bisa langsung lolos ke babak 16 besar Liga Champions jika tak kalah dari Shakhtar Donetsk dalam pekan keempat Grup H di Volksparkstadion, Hamburg, Rabu (8/11) dini hari nanti.

Barcelona tampil luar biasa di Grup H sejauh ini. Mereka memuncaki klasemen dengan sembilan poin dari tiga pertandingan.
Masih ada tiga laga tersisa bagi Barcelona termasuk laga dini hari nanti, namun tiket ke 16 besar bisa didapat dengan cepat, berkat raihan sempurna selama ini.

Shakhtar mengawali kampanye Grup H dengan kekalahan 3-1 di kandang sendiri dari Porto. Namun mereka bangkit dengan impresif untuk mengalahkan Royal Antwerp 3-2 di pertandingan kedua pada awal Oktober.

Tim asuhan Marino Pusic ini tampil gagah berani dalam duel pertama di Camp Nou (25/10)). Namun, akhirnya mereka kalah tipis 2-1. Dengan raihan tiga poin dari tiga pertandingan, mereka berada di posisi ketiga, tiga poin di belakang Porto yang berada di posisi kedua.

Jika kalah di laga ini, Donetsk akan berada dalam posisi sangat sulit untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Hal itu akan menjadi motivasi tambahan bagi mereka untuk tampil habis-habisan dini hari nanti.

Pasukan Pusic akan memasuki pertandingan ini dengan bekal kemenangan 1-0 atas Dynamo Kyiv di divisi utama Ukraina. Hasil tersebut membuat mereka berada di posisi ketiga klasemen dengan 24 poin.

Tim asal Ukraina ini gagal untuk lolos dari fase grup dalam lima pertandingan terakhir mereka di Liga Champion.

BERITA TERKAIT

Namun mereka akan memiliki kesempatan untuk finis di atas Antwerpen di peringkat tiga jika mereka tidak dapat meraih posisi dua besar, dengan Barcelona dan Porto yang berada di posisi yang kuat.

Barcelona sendiri finis di urutan ketiga dalam dua kampanye terakhir di fase grup Liga Champions. Tapi kali ini, pasukan asuhan Xavi Hernandez ini punya kans besar untuk hadir di babak 16 besar.

Sang juara La Liga berada di puncak klasemen Grup H dengan sembilan poin, mengalahkan Antwerpen 5-0 di laga pembuka sebelum mencatatkan kemenangan beruntun atas Porto dan Shakhtar dalam dua pertandingan terakhir.

Barcelona menelan kekalahan 2-1 dari Real Madrid di El Clasico pada akhir bulan lalu.

Tapi, mereka berhasil bangkit dengan meraih kemenangan 1-0 atas Real Sociedad di La Liga pada Sabtu malam, dengan Ronald Araujo mencetak gol kemenangan di menit kedua tambahan waktu di akhir 90 menit.

Pelatih Xavi kemungkinan masih akan tetap menyimpan Pedri di bangku cadangan. Gelandang muda berbakat ini comeback di laga kontra Sociedad setelah absen lama gara-gara cedera.

Satu-satunya pemain tim asal Catalan yang dipastikan absen dalam pertandingan ini adalah Sergi Roberto, yang sedang berjuang untuk mengatasi masalah pada betisnya,

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas