Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Selangkah Lagi, Belanda Lolos Euro 2024 Jika Kalahkan Rep Irlandia, Koeman Dihantam Badai Cedera

Timnas Belanda hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk memastikan diri lolos ke Euro 2024. Tim Oranye ingin memastikan tiket itu.

Penulis: Deny Budiman
Editor: Muhammad Barir
zoom-in Selangkah Lagi, Belanda Lolos Euro 2024 Jika Kalahkan Rep Irlandia, Koeman Dihantam Badai Cedera
AFP/ALBERTO PIZZOLI
Bek Belanda Virgil van Dijk (Tengah) mengikuti sesi latihan bersama rekan satu timnya di Universitas Qatar di Doha, pada 8 Desember 2022 menjelang pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia Qatar 2022 antara Argentina dan Belanda. (Photo by Alberto PIZZOLI / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM- Timnas Belanda hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk memastikan diri lolos ke Euro 2024. Tim Oranye ingin memastikan tiket itu saat menjamu Republik Irlandia dalam pekan ke-9 kualifikasi grup B di Johan Cruyff Arena, Minggu (19/11) dini hari.

Skuat asuhan Ronald Koeman ini menempati posisi kedua di grup dengan 12 poin dari enam laga. Sedangkan "the Boys in Green" di peringkat empat dengan empat poin dari tujuh laga. Mereka telah tersingkir dari persaingan dua besar tapi masih berpeluang untuk lolos ke babak playoff.

Di grup ini, Prancis sudah memastikan diri lolos ke Jerman setelah meraup poin sempurna, 18 poin dari enam laga. Sedang Belanda, dan Yunani bersaing ketat untuk peringkat kedua. Yunani sendiri di peringkat tiga dengan 12 poin tapi hasil dari tujuh laga.

Tim Oranye karenanya lebih berpeluang. Mereka punya stok dua laga, selain unggul head to head dengan Yunani. Setelah melawan Republik Irlandia, lawan pemungkas di kualifikasi ini adalah tim juru kunci, Gibraltar yang belum pernah menang.

Di atas kertas, Belanda bisa mengatasi dua lawan terakhirnya ini. Namun, jikapun yang terjadi adalah skenario terburuk yakni tumbang di dua laga terakhir, pasukan Koeman masih dilapisi jaring pengaman. Jaring pengaman itu adalah punya jatah satu tempat di babak playoff.

Masalah utama Koeman adalah badai cedera pemain yang tak kunjung reda. Bahkan cenderung memburuk. Yang terbaru, bek Jeremie Frimpong cedera saat latihan. Sebagai gantinya, dipanggilah Jordan Teze dipanggil sebagai pengganti pemain Bayer Leverkusen tersebut.

Lutsharel Geertruida juga mengalami cedera saat latihan pada hari Kamis. Namun bek Feyenoord tersebut akan tetap bersama skuat untuk tetap dipantau kondisinya.

BERITA REKOMENDASI

Frimpong adalah pemain keempat yang menarik diri dari dua pertandingan terakhir kualifikasi Euro 2024 sejak pelatih Ronald Koeman menetapkan 25 pemain pada Jumat lalu. Nathan Ake, Steven Bergwijn dan Brian Brobbey mendahuluinya. Striker Toulouse, Thijs Dallinga dan Teze, yang bermain di PSV Eindhoven, masuk sebagai pengganti.

Sebelum skuat diumumkan, Koeman harus bermain tanpa bek Sven Botman, Mathijs de Ligt, Micky van de Ven dan Tyrell Malacia, ditambah gelandang bintang, Frenkie de Jong, dan striker andalan Memphis Depay.

Koeman pun memanggil bala bantuan dari para debutan. Striker Toulouse yang belum pernah membela tim nasional, Thijs Dallinga, mendapatkan panggilan pertamanya untuk menggantikan penyerang Ajax, Brian Brobbey, dan Steven Bergwijn.

Dia bersama pemain bertahan Ajax berusia 17 tahun, Jorrel Hato akan tampil untuk pertama kalinya di timnas senior Belanda.

Meskipun berbagi sarung tangan dengan Jason Steele di Brighton & Hove Albion, Bart Verbruggen telah dikonfirmasi sebagai penjaga gawang nomor satu Koeman untuk tim nasional. Sementara Daley Blind dapat memenangkan caps ke-104 untuk menyamakan kedudukan dengan Dirk Kuyt di posisi keenam dalam daftar pemain Oranje sepanjang masa.

Di kubu Republik Irlandia, mereka masih punya harapan meski tipis untuk berjuang lolos ke Jerman. Skuat asuhan Stephen Kenny ini hanya meraup enam poin dari kemungkinan 21 poin sejauh ini.

Kedua kemenangan itu datang melawan tim juru kunci, Gibraltar. Klasemen Grup B ini pun menjadi tidak berarti bagi Irlandia. Namun anak asuh Kenny ini harus mengalahkan Belanda untuk mendapatkan kesempatan ke babak playoff lewat jalur Nations League.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
6
4
1
1
15
7
8
13
5
Aston Villa
6
4
1
1
12
9
3
13
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas