Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Kata Pelatih Vietnam soal Peta Kekuatan Grup D Piala Asia 2024, Timnas Indonesia Paling Lemah

Menurut kacamata pelatih Vietnam Philippe Troussier, Timnas Indonesia jadi tim terlemah grup D Piala Asia 2024 bersama Jepang dan Irak.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Kata Pelatih Vietnam soal Peta Kekuatan Grup D Piala Asia 2024, Timnas Indonesia Paling Lemah
Instagram @asnawi_bhr
Foto skuad Timnas Indonesia untuk hadapi Piala Asia 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Pelatih Vietnam, Philippe Troussier, menempatkan Timnas Indonesia sebagai lawan paling lemah pada persaingan Grup D Piala Asia 2024.

Di bawah Vietnam tentunya tim yang ia arsiteki kemudian Irak dan Jepang sebagai lawan terkuat di babak penyisihan grup.

Troussier menargetkan Vietnam bisa melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2024, target tersebut bisa diraih dengan strategi matang tentunya.

Jika memetik kemenangan atas Irak dan Jepang dirasa sangat sulit dan mustahil bagi Vietnam, maka melawan Indonesia sangat mungkin.

Foto yang diambil pada 13 Januari 2020 ini menunjukkan mantan pemain sepak bola Prancis dan direktur teknis akademi Dana Promosi Bakat Sepak Bola Vietnam (PVF) Philippe Troussier berbicara saat wawancara dengan AFP di provinsi Hung Yen. Setelah berkarir di bidang mie instan, orang terkaya di Vietnam ini paham betul tentang pukulan jarak jauh, dan kini dia mengambil langkah lain: mencoba membawa negaranya yang gila sepak bola ke Piala Dunia pertama mereka.
Foto yang diambil pada 13 Januari 2020 ini menunjukkan mantan pemain sepak bola Prancis dan direktur teknis akademi Dana Promosi Bakat Sepak Bola Vietnam (PVF) Philippe Troussier berbicara saat wawancara dengan AFP di provinsi Hung Yen. Setelah berkarir di bidang mie instan, orang terkaya di Vietnam ini paham betul tentang pukulan jarak jauh, dan kini dia mengambil langkah lain: mencoba membawa negaranya yang gila sepak bola ke Piala Dunia pertama mereka. (Nhac NGUYEN / AFP)

"Bicara soal target, kami akan mencoba selangkah demi selangkah demi memperoleh tiket lolos dari fase grup," ucap Troussier, dikutip dari laman Soha.

Kendati demikian, pelatih pengganti Park Hang-seo ini sadar untuk merealisasikan target itu bukanlah hal yang gampang.

Terlebih Vietnam pada laga pembuka melawan Jepang yang notabene-nya berstatus sebagai kandidat terkuat untuk menjuarai turnamen bergengsi di Benua Asia ini.

BERITA REKOMENDASI

"Pada laga perdana, Vietnam akan menghadapi Jepang."

"Secara teori, dalam 9 pertandingan, kami bisa dari mereka. Tapi mungkin ada satu pertandingan yang mungkin Vietnam akan mendapat satu poin, atau bahkan menang."

"Saya tidak tahu apakah itu akan menjadi pertandingan pada 14 Januari," imbuhnya.

Lantas apa yang menjadi landasan Troussier berani memandang Timnas Indonesia sebagai tim terlemah di Grup D?. Dasarnya cukup kuat, jika ditarik dari hasil skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca juga: Postur Mentereng Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2024 Hampir Samai Jepang, Vietnam Kalah Jauh

Aksi pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan saat menghadapi pemain Libya dalam laga uji coba sebelum Piala Asia 2023, Jumat (5/1/2024).
Aksi pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan saat menghadapi pemain Libya dalam laga uji coba sebelum Piala Asia 2023, Jumat (5/1/2024). (PSSI)

Hingga teranyar dua laga uji coba melawan Libya yang berakhir dengan kekalahan, tiga poin dari Timnas Indonesia dirasa bisa jadi modal Vietnam ke 16 besar.

"Melawan Indonesia, saya menganggap ini pertandingan penting, hasilnya mungkin menjadi dasar kami tujuan merebut tiket ke babak selanjutnya," ujar Troussier.

"Seperti di Piala Asia 2019, tim Vietnam meraih 1 kemenangan dan kemudian melaju berkat indeks fair-play.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
6
4
1
1
15
7
8
13
5
Aston Villa
6
4
1
1
12
9
3
13
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas