Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Thailand Ancang-ancang Nimbrung Timnas Indonesia Bersaing ke 16 Besar Jalur Peringkat 3 Terbaik

Thailand bidik kemungkinan terburuk lolos ke 16 besar melalui jalur peringkat 3 terbaik bersaing dengan Timnas Indoensia.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Thailand Ancang-ancang Nimbrung Timnas Indonesia Bersaing ke 16 Besar Jalur Peringkat 3 Terbaik
HECTOR RETAMAL / AFP
Opsi terakhir Thailand ngekor Timnas Indonesia untuk lolos ke 16 besar Piala Asia - Para pemain Thailand rayakan gol kedua pada pertandingan Grup F Piala Asia 2023 melawan Kyrgyzstan di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 16 Januari 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Bek Bali United yang kini memperkuat Thailand di Piala Asia 2023, Elias Dolah, optimis timnya bisa melaju ke babak 16 besar.

Hanya saja Elias Dolah memahami persaingan perebutan tiket 16 besar Piala Asia 2023 dari Grup F tidaklah mudah.

Oleh karena itu, bek Thailand keturunan Swedia ini siap nimbrung Timnas Indonesia yang kini bersaing di peringkat 3 terbaik Piala Asia 2023 untuk lolos ke babak 16 besar.

Situasinya Thailand memang lebih baik ketimbang skuad tempur Shin Tae-yong.

Para pemain Kyrgyzstan (jersey putih) berjabat tangan dengan lawannya Thailand pada awal pertandingan sepak bola Grup F Piala Asia AFC Qatar 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, pada 16 Januari 2024. HECTOR RETAMAL /
AFP
Para pemain Kyrgyzstan (jersey putih) berjabat tangan dengan lawannya Thailand pada awal pertandingan sepak bola Grup F Piala Asia AFC Qatar 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, pada 16 Januari 2024. HECTOR RETAMAL / AFP (HECTOR RETAMAL / AFP)

Timnas Thailand kini menduduki peringkat pertama di tabel klasemen Grup F, bermodal raihan 3 poin.

Tim besutan Masatada Ishii unggul selisih gol dari Arab Saudi yang mengekor di urutan kedua dengan jumlah koleksi angka sama.

Hanya saja pada pertandingan matchday kedua, Arab Saudi memiliki lawan yang cenderung lebih enteng ketimbang tim Gajah Perang, julukan Thailand.

BERITA TERKAIT

Arab Saudi akan menantang Kirgistan, sedangkan Thailand bersua tim kuat Oman.

Elias Dolah pun optimis timnya bisa lolos ke babak 16 besar. Namun bek Bali United ini tidak menutup kemungkinan jika timnya bisa melangkah lebih jauh melalui jalur peringkat tiga terbaik.

Hal ini tak terlepas dari peta kekuatan Oman. Mereka seringkali merepotkan ketika berhadapan melawan The War Elephant.

Tercatat dari 14 kali pertemuan, Oman memetik kemenangan 6 kali, sekali imbang, dan tujuh laga lainnya berpihak kepada Thailand.

Baca juga: Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia Tanpa Pedulikan Hasil Lawan Jepang, Ini Skenarionya

Hanya saja pada pertemuan terakhir tahun 2021, Thailand harus mengakui kekuatan Oman lewat skor 1-0.

Hal ini menjadi warning bagi Elias Dolah dan kolega, yang semula menjadi pemuncak klasemen grup, bisa melorot ke urutan ketiga.

"Tekanan kepada tim sedikit berkurang karena pada pertandingan pertama berhasil meraih tiga poin," buka Elias Dolah, seperti yang dikutip dari laman SiamSport.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas