Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Timnas Indonesia Gagal Lolos ke 16 Besar Lebih Gasik, Shin Tae-yong: Kami Sempat Berharap Lebih

Shin Tae-yong sedikit kecewa karena Timnas Indonesia gagal lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 lebih gasik dan harus melawan Jepang.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Timnas Indonesia Gagal Lolos ke 16 Besar Lebih Gasik, Shin Tae-yong: Kami Sempat Berharap Lebih
dok: PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bersama dengan pemainnya, Egy Maulana Vikri dalam sesi pre match conference kontra Jepang, Selasa (23/1/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Pelatih Shin Tae-yong sempat ngarep Timnas Indonesia bisa lolos 16 besar lebih gasik di Piala Asia 2023. Bak nasih sudah menjadi bubur, Shin Tae-yong fokus ke pertandingan kontra Jepang.

Timnas Indonesia harus menentukan nasib apakah lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 atau tidak di tangannya sendiri.

Tim besutan Shin Tae-yong ini dijadwalkan melakoni laga pamungkas fase grup D melawan Jepang di Al Thumama Stadium, Rabu (24/1/2024) pukul 18.30 WIB.




Sehari sebelum pertandingan, riuh jadi perbincangan perihal skenario Timnas Indonesia bisa otomatis lolos ke babak 16 besar.

Ialah merujuk kepada hasil pertandingan Grup B dan C, yang skenarionya dapat membantu Timnas Indonesia. Sayangnya, dua laga yang diharapkan tidak memunculkan antara Suriah vs India dan Palestina vs Hong Kong, meleset dari perkiraan.

Aksi Marselino Ferdinan dalam pertandingan Timnas Indonesia vs Irak di matchday pertama grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmed bin Ali, Qatar, Senin (15/1/2024).
Aksi Marselino Ferdinan dalam pertandingan Timnas Indonesia vs Irak di matchday pertama grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmed bin Ali, Qatar, Senin (15/1/2024). (DOK. PSSI)

Dua laga ini menempatkan Palestina dan Suriah sama-sama mengemas tiga poin. Walhasil, untuk melihat Timnas Indonesia ke 16 besar sebelum pertandingan melawan Jepang gagal terealisasi.

Oleh karena itu, Timnas Indonesia hanya mempunyai dua opsi untuk bisa lolos ke 16 besar kontra Jepang hari ini. 

BERITA TERKAIT

Skuad asuhan Shin Tae-yong wajib menang atau minimal memetik hasil imbang kontra Jepang. Bermodal minimal 4 poin, Timnas Indonesia dijamin lolos ke babak 16 besar.

Menyikapi situasi Skuad Garuda gagal lolos lebih gasik, Shin Tae-yong pun mengaku tak masalah. Kendati awalnya sempat berharap banyak skenario tersebut terealisasi.

"Jelas ada beberapa skenario untuk lolos (ke 16 besar) lebih cepat," buka Shin Tae-yong saat konferensi pers pra-laga, seperti yang dikutip dari laman Chosun.

"Awalnya saya berharap lebih dan akan pasti senang bisa tahu timnas (Indonesia) lolos lebih cepat," terang mantan pelatih timnas Korea Selatan.

Baca juga: Pelajaran Berharga Timnas Indonesia untuk Lawan Jepang di Piala Asia 2023, Garuda Tak Mau Pasrah

Namun nasi sudah menjadi bubur. Marselino Ferdinan cs kini diminta fokus tinggi untuk menghadapi Jepang, yang disebut-sebut sebagai Raja Terakhir pada turnamen sepak bola bergengsi di Benua Asia ini.

"Untuk saat ini saya menekankan kepada pemain agar fokus, yang lalu biarlah berlalu."

"Kini saya hanya menatap pertandingan kepada Jepang. Taktikal juga sudah dimatangkan," tegasnya melanjutkan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas