Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Bak Pecahkan Batu Memakai Telur, Shin Tae-yong Bidik Timnas Indonesia Lolos 8 Besar Piala Asia

Shin Tae-yong pede membawa Timnas Indonesia lolos ke perempat final alias 8 besar Piala Asia 2023 dan berani menantang Korea Selatan.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Bak Pecahkan Batu Memakai Telur, Shin Tae-yong Bidik Timnas Indonesia Lolos 8 Besar Piala Asia
Karim JAAFAR / AFP
Pelatih Indonesia Shin Tae-Yong (3L) bersama para pemain timnya berjalan melintasi lapangan setelah dikalahkan Irak 1-3 pada akhir pertandingan Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, pada 15 Januari 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Shin Tae-yong membidik perempat final Piala Asia 2023 setelah Timnas Indonesia dipastikan lolos ke putaran 16 Besar Piala Asia 2023, Jumat (26/1/2024). Dia ingin melawan Korea Selatan di babak 8 besar.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku puas dengan pencapaian anak asuhnya di Piala Asia 2023 dengan melaju ke fase gugur.

Sukses lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023 mengguratkan sejarah bagi sepak bola Indonesia. Ini merupakan kali pertama Timnas Indonesia lolos ke fase gugur sepanjang partisipasinya di Piala Asia.




Shin Tae-yong dalam wawancaranya dengan media Korea Selatan, MBC, menyampaikan terima kasihnya kepada PSSI dan para pemain Timnas Indonesia yang telah mendukung maupun memberikan kepercayaan penuh.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bersama dengan pemainnya, Egy Maulana Vikri dalam sesi pre match conference kontra Jepang, Selasa (23/1/2024).
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bersama dengan pemainnya, Egy Maulana Vikri dalam sesi pre match conference kontra Jepang, Selasa (23/1/2024). (dok: PSSI)

"Saya berterima kasih kepada pemain (Timnas Indonesia) dan PSSI karena telah mendukungku sejauh ini," buka Shin Tae-yong kepada media lokal Negeri Ginseng.

"Selanjutnya, saya ingin membawa Timnas Indonesia dan Korea Selatan bertemu di perempat final," sambung pelatih yang memang juga pernah membesut Son Heung-min cs.

Sebagaimana yang diketahui, Timnas Indonesia pada babak 16 besar akan menghadapi Australia. Sedangkan Korea Selatan bersua tim kuat asuhan Roberto Mancini, Arab Saudi.

BERITA TERKAIT

Jika Timnas Indonesia dan Korea Selatan meraih kemenangan, maka keduanya bakal saling sikut di perempat final memperebutkan tiket lolos ke 4 besar.

Bagi Shin Tae-yong, apapun hasilnya dapat terjadi. Karena tidak ada tolak ukur yang mutlak untuk memvonis sebuah hasil pertandingan.

Pun soal masalah perbedaan ranking FIFA antara Australia dan Timnas Indonesia yang terpaut jauh.

"Jika kami bermain bagus melawan Australia dan mendapatkan hasil bagus, dan Korea juga tampil bagus melawan Arab Saudi, saya ingin bermain bagus melawan Korea di perempat final. Itu skenario saya berikutnya"

Baca juga: Shin Tae-yong Trending, Lantang Suara Perpanjangan Kontrak Usai Bawa Timnas Indonesia ke 16 Besar

"Saya ibaratkan, tidak mudah untuk memecahkan batu menggunakan telur, hampir mustahil."

"Akan tetapi satu kesalahan bisa merubah semuanya dalam sepak bola," terang pelatih berkebangsaan Korea Selatan.

Timnas Indonesia memang tidak dalam situasi diunggulkan saat melawan Australia. Terlebih pada matchday terakhir fase grup, Marselino Ferdinan cs kalah telak dari Jepang 3-1.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas