Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Korea Selatan Panen Kritik di Piala Asia 2023, Klinsmann: Booking Hotel sampai Final

Jurgen Klinsmann meminta jurnalis dan suporter Korea Selatan memesan tiket sampai partai final di Piala Asia 2023.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Korea Selatan Panen Kritik di Piala Asia 2023, Klinsmann: Booking Hotel sampai Final
Giuseppe CACACE / AFP
Gelandang Korea Selatan #07 Son Heung-min merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol ketiga timnya dari titik penalti pada pertandingan sepak bola Grup E Piala Asia AFC 2023 Qatar antara Korea Selatan dan Malaysia di Stadion Al-Janoub di al-Wakrah, selatan Doha, pada 25 Januari 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Pelatih Korea Selatan asal Jerman, Jurgen Klinsmann, menyerukan rasa optimis bahwa Son Heung-min cs mampu berjuang sampai partai final Piala Asia 2023. Dia bahkan meminta para jurnalis dan suporter Korea Selatan untuk memesan hotel hingga laga final Piala Asia 2023.

Timnas Korea Selatan memang memperlihatkan performa kurang memuaskan sepanjang fase grup, kendati lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023.

Tercatat dari tiga pertandingan fase grup, tim berjuluk Taeguk Warriors ini tak bisa menorehkan clean sheet sama sekali. Mereka menciptakan 8 gol dan kebobolan enam kali.

Di laga pertama, Korea Selatan memetik kemenangan 3-1 atas Bahrain. Kemudian di laga kedua, mereka bermain imbang 2-2 melawan Yordania.

Pelatih kepala tim sepak bola nasional Korea Selatan Jurgen Klinsmann berbicara saat konferensi pers untuk mengumumkan skuad Korea Selatan untuk Piala Asia di Seoul pada 28 Desember 2023.
Pelatih kepala tim sepak bola nasional Korea Selatan Jurgen Klinsmann berbicara saat konferensi pers untuk mengumumkan skuad Korea Selatan untuk Piala Asia di Seoul pada 28 Desember 2023. (Jung Yeon-je / AFP)

Sedangkan di laga terakhir fase grup, timnas Korea Selatan, dipermalukan oleh tim peringkat ke-130 dunia, Malaysia dengan skor 3-3.

Hasil tiga pertandingan di atas membuat Korea Selatan finis sebagai runner-up Grup E, di bawah Bahrain.

Akibat hasil yang kurang memuaskan, pelatih Korea Selatan Jurgen Klinsmann menghadapi kritikan keras dari suporter Taeguk Warriors.

BERITA TERKAIT

Suporter di Negeri Ginseng muak dengan permainan Son Heung-min cs, yang dinilai kurang gereget dalam bertanding.

Meski demikian, Jurgen Klinsmann tetap bersikap positif dengan meminta wartawan untuk memesan hotel di Qatar hingga 10 Februari 2024 (partai final Piala Asia).

"Seorang pelatih harus bersikap positif," ujar Jurgen Klinsmann sebagaimana dikutip dari laman France24.

Baca juga: Wasit Piala Asia Alireza Faghani Terima Ancaman Pembunuhan, Buntut Kartu Merah Selebrasi Makan

"Seorang pelatih harus percaya pada timnya dan mewujudkannya."

"Jika tim lain lebih baik dan mengalahkan Anda, maka Anda masih bisa kembali ke hotel dan membatalkan."

Saat Korea Selatan ditahan imbang Malaysia, sikap Klinsmann yang tampak tersenyum melihat timnya kebobolan di menit akhir juga menjadi sorotan.

Akan tetapi, ia menegaskan bahwa timnya tidak sengaja mengalah untuk menghindari Jepang sebagai calon lawan di babak 16 besar.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas