Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Pogba Resmi Dijatuhi Hukuman Larangan Bermain 4 Tahun Buntut Kasus Doping

Paul Pogba resmi dijatuhi hukuman larangan empat tahun bermain sepakbola buntut kasus doping yang menimpanya.

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Pogba Resmi Dijatuhi Hukuman Larangan Bermain 4 Tahun Buntut Kasus Doping
Marco BERTORELLO / AFP
Gelandang Juventus Paul Pogba bereaksi setelah ditekel dalam pertandingan sepak bola leg pertama semifinal Liga Eropa UEFA antara Juventus dan Sevilla, pada 11 Mei 2023 di stadion Turin. Paul Pogba resmi dijatuhi hukuman larangan empat tahun bermain sepakbola buntut kasus doping yang menimpanya. 

TRIBUNNEWS.COM - Paul Pogba resmi dijatuhi hukuman larangan empat tahun bermain sepakbola buntut kasus doping yang menimpanya.

Pengadilan Anti-Doping Nasional Italia (TNA) menerima permintaan Kantor Kejaksaan Anti-Doping dan menjatuhkan larangan tersebut pada Kamis (29/2/2024).

Pogba dipastikan disanksi empat tahun, sehingga baru akan bermain lagi pada 2028 mendatang, saat usianya menginjak 35 tahun.

Untuk diingat, kasus Paul Pogba bermula saat ia gagal dalam tes doping pada 20 Agustus 2023 setelah pertandingan pembuka Serie A musim ini antara Juventus dan Udinese.

Saat itu, Pogba tak bermain dan hanya duduk di bangku cadangan saja, terlilih secara acak untuk melakukan tes.

Hasil tes menunjukkan kegagagalan dan pada 11 September Paul Pogba mendapat skorsing sementara kasus itu. Dia tidak berlatih bersama rekan satu timnya di Juventus sejak saat itu.

Gajinya juga dipotong menjadi sekitar €2.400 per bulan, sesuai kesepakatan kolektif antara klub dan asosiasi pesepakbola.

BERITA REKOMENDASI

Setelah itu, pria Prancis tersebut menjalani tes ulang untuk memastikan bahwa dia tidak mengonsumsi zat terlarang apa pun. Namun sampel kedua dari Pogba juga ternyata positif.

Gelandang Juventus Paul Pogba bereaksi setelah ditekel dalam pertandingan sepak bola leg pertama semifinal Liga Eropa UEFA antara Juventus dan Sevilla, pada 11 Mei 2023 di stadion Turin.
Gelandang Juventus Paul Pogba bereaksi setelah ditekel dalam pertandingan sepak bola leg pertama semifinal Liga Eropa UEFA antara Juventus dan Sevilla, pada 11 Mei 2023 di stadion Turin. (Marco BERTORELLO / AFP)

Pemain 30 tahun itu dinyatakan mengonsumsi obat yang mengandung DHEA yang merupakan obat anti penuaan atau 'hormon remaja', dan bukan testosteron sintetis.

DHEA sebenarnya ada di dalam tubuh secara alamiah karena juga diproduksi oleh tubuh untuk menunjang kinerja fisik dan kekuatan otot.

Namun DHEA juga dapat diproduksi di laboratorium dan dijual dalam bentuk tablet, kapsul, bubuk, krim topikal, atau gel dalam suplemen atau sebagai obat.

Sky Sport Italia melaporkan Juventus tidak akan mengomentari keputusan hukuman yang dijatuhkan kepada Pogba ini.

Sementara itu, Pogba memutuskan untuk mengajukan banding melalui Pengadilan Arbitrase Olahraga di Lausanne.

Keputusan tersebut dibenarkan oleh sumber dekat sang pemain, disebutkan oleh jurnalis Sky Sport Italia Lorenzo Fontani.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Napoli
7
5
1
1
14
5
9
16
2
Inter Milan
7
4
2
1
16
9
7
14
3
Udinese
7
4
1
2
10
10
0
13
4
Juventus
6
3
3
0
9
0
9
12
5
AC Milan
6
3
2
1
14
7
7
11
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas