Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Troussier Tak Jadi Cuan Banyak setelah Dipecat dari Timnas Vietnam, Kompensasi Hanya Tiga Kali Gaji

Federasi Vietnam hanya perlu memberi kompensasi kepada pelatih Philippe Troussier sekitar gaji 3 bulan, sekitar 180.000 USD atau Rp 2,8 miliar.

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Troussier Tak Jadi Cuan Banyak setelah Dipecat dari Timnas Vietnam, Kompensasi Hanya Tiga Kali Gaji
Facebook VFF
Pelatih Vietnam Philippe Troussier berbicara dalam sesi konfrensi pers pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Timnas Indonesia. - Philippe Troussier tak jadi mendapatkan uang kompensasi puluhan miliar setelah dipecat dari kursi pelatih Timnas Vietnam. 

TRIBUNNEWS.COM - Philippe Troussier tak jadi mendapatkan uang kompensasi puluhan miliar setelah dipecat dari kursi pelatih Timnas Vietnam.

Sebelum akhirnya dipecat, masa depan Philippe Troussier sebelumnya sempat simpang siur. Semula ada dugaan ia bakal tetap dipertahankan meski Vietnam kalah lagi dari Indonesia.

Hal ini lantaran uang kompensasi yang harus dibayarkan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) kepada Troussier terbilang tinggi, mencapai Rp 26,5 miliar.




Menurut The Thao 247, gaji ahli strategi Prancis adalah 60.000 USD/bulan (setara dengan 1.404 miliar VND/bulan atau Rp 948 juta).

Dalam perjanjiannya, ia masih terikat sisa kontrak selama 30 bulan. Oleh karena itu, jumlah kompensasi yang akan dibayarkan VFF adalah sekitar 1,680 juta USD (hampir 40 miliar VND atau Rp 26,5 miliar).

Namun ternyata pesangon yang akan diterima pelatih berjuluk Penyihir Putih itu tak akan setinggi uang tersebut.

Rupanya pihak VFF dan Troussier sudah melakukan pembicaraan lebih lanjut sehingga cukup berdampak pada uang kompensasi yang diterima, bahkan berkurang sangat banyak.

Pelatih Timnas U-22 Vietnam, Philippe Troussier, memimpin skuadnya dalam sesi latihan menjelang laga melawan Malaysia di SEA Games 2023.
Pelatih Timnas U-22 Vietnam, Philippe Troussier, memimpin skuadnya dalam sesi latihan menjelang laga melawan Malaysia di SEA Games 2023. (VFF.ORG.VN)

Baca juga: Uang Kompensasi Pemecatan Troussier Hampir Rp 27 Miliar, Vietnam Bakal Pertahankan Meski Kalah Lagi?

BERITA TERKAIT

Menurut informasi dari media Vietnam Thanh Nien, federasi Vietnam hanya perlu memberi kompensasi kepada pelatih Philippe Troussier sekitar tiga kali gaji bulanan.

Besarannya sekitar 180.000 USD (setara dengan hampir 4 miliar VND) atau jika dirupiahkan Rp 2,8 miliar, lebih rendah hampir 10 kalinya.

Kompensasi yang cukup rendah itu juga menjadi salah satu pertimbangan penting mengapa Vietnam mengambil keputusan cepat dengan memecat Troussier setelah kalah dari Indonesia pada Selasa (26/3/2024) kemarin.

Untuk diketahui, di bawah asuhan pelatih asal Prancis itu, performa Vietnam memang cukup jeblok.

Tim berjuluk The Golden Star Warrior kalah 10 kali dalam 11 pertandingan terakhir, termasuk 7 kekalahan berturut-turut, menyebabkan ranking peringkat FIFA turun drastis.

Adapun hasil 3-0 yang diraih Timnas Indonesia atas Vietnam pada Selasa (26/3) kemarin memiliki arti penting.

Itu menjadi kemenangan ketiga secara beruntun yang didapat Indonesia atas Vietnam.

Baca juga: Dulu Diejek Doan Van Hau dan Media Vietnam, Kini Gantian Justin Hubner yang Mengejek: Terlalu Mudah

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas