Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Timnas Indonesia & Thailand Lebih Bagus, Vietnam Berkecil Hati Juara Piala AFF 2024

Prediksi komentator asal Vietnam soal juara Piala AFF 2024, Thailand teratas, Timnas Indonesia lebih baik dibandingkan Vietnam.

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Timnas Indonesia & Thailand Lebih Bagus, Vietnam Berkecil Hati Juara Piala AFF 2024
Karim JAAFAR / AFP
Reaksi para pemain Vietnam setelah dikalahkan Irak 3-2 selama pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, pada 24 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Komentator asal Vietnam, Ngo Quang Tung menilai Thailand masih menjadi yang teratas untuk meraih gelar Piala AFF 2024 yang akan berlangsung pada 23 November hingga 21 Desember 2024 mendatang.

Thailand memiliki persentase yang lebih besar dibandingkan Timnas Indonesia dan Vietnam, yang masing-masing menempati urutan kedua dan ketiga.

Ngo Quang tung bukannya berkecil hati soal kemungkinan Vietnam untuk menjuarai Piala AFF 2024, namun menilai lawan mereka, terutama Thailand dan Timnas Indonesia saat ini berkembang ke arah yang lebih baik.




Hasil terbaru bisa dilihat dari Piala Asia 2024 dan kualifikasi Piala Dunia 2026, meskipun saat ini Vietnam punya harapan baru di bawah asuhan Kim Sang-sik yang menggantikan Philippe Troussier.

Reaksi para pemain Vietnam setelah dikalahkan Irak 3-2 selama pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, pada 24 Januari 2024.
KARIM JAAFAR / AFP
Reaksi para pemain Vietnam setelah dikalahkan Irak 3-2 selama pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, pada 24 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP (Karim JAAFAR / AFP)

"Dari peluang juara, secara keseluruhan masih kalah dengan Thailand dan Timnas Indonesia, tapi tidak terlalu jauh," komentar Ngo Quang Tung dikutip dari media Vietnam, Bongda.

Namun, Ngo Quang Tung masih percaya, persaingan Vietnam dengan Thailand dan Timnas Indonesia tidak seperti Jepang dan Korea.

Hampir mustahil bisa mengalahkan kedua tim kuat Asia itu yang berada dalam 30 besar ranking FIFA.

BERITA TERKAIT

Beda hal ketika melawan Thailand dan Timnas Indonesia di mana mereka kerap bertemu di ajang ASEAN hingga determinasi yang tidak banyak perbedaan.

"Tidak ada perbedaan seperti antara kami dengan Jepang dan Korea. Hampir mustahil Vietnam menang lawan Jepang dan Korea Selatan, namun kalau melawan Thailand dan Timnas Indonesia tidak demikian," jelasnya.

"Peluangnya masih terbagi antar tim, misalnya Thailand 40 persen, Timnas Indonesia 32 persen, dan Vietnam 28 persen," bebernya.

"Kami jelas tidak tampil bagus dan lawan seperti Timnas Indonesia semakin bagus, tapi bukan berarti kami tidak bisa melawan mereka."

"Patut kita ingat juga, dari segi unggulan undian grup Piala AFF 2024, kita masih menjadi 2 besar di Asia Tenggara," tutupnya.

Ya, dua besar dan teratas di Asia Tenggara saat ini adalah Thailand dan Vietnam.

Timnas Indonesia berada di pot 2 bersama Malaysia ketika undian grup.

Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman berebut bola dengan pemain Vietnam di Stadion My Dinh pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (26/3/2024)
Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman berebut bola dengan pemain Vietnam di Stadion My Dinh pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (26/3/2024) (PSSI)
Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas