Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Pengamat: Meski Shin Tae-yong Klaim Level Timnas Indonesia Naik Tapi Kita Belum Sekelas Irak

Catatan head to head dari 14 laga terakhir, Irak mendominasi dengan sembilan kali kemenangan, dua kali kalah dan tiga kali imbang.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pengamat: Meski Shin Tae-yong Klaim Level Timnas Indonesia Naik Tapi Kita Belum Sekelas Irak
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pesepak bola Timnas Indonesia saat latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (5/6/2024). Timnas Indonesia melakukan latihan menjelang pertandingan kualifikasi Piala Dunia zona Asia melawan Irak pada Kamis (6/6/2024) besok. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Pengamat: Meski Shin Tae-yong Klaim Level Timnas Indonesia Naik Tapi Kita Belum Sekelas Irak

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTATimnas Indonesia bersiap menghadapi Irak pada pertandingan lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun telah menyiapkan skema khusus jelang menghadapi tim berjuluk Singa Mesopotamia tersebut.

Baca juga: Shin Tae-yong Mengamuk, Teriak dan Bentak Wasit, Bingung Mau ke Mana Seusai Kartu Merah

Ia ingin Jordi Amat dkk. bisa meraih kemenangan – membalaskan kekalahan di pertemuan pertama, yang mana kala itu skuad Garuda takluk dengan skor 5-1 di Irak.

Pengamat sepakbola, Anton Sanjoyo pun turut menganalisis pertandingan Indonesia vs Irak.

Menurut Anton, Timnas Irak mempunyai kualitas di atas skuad Garuda. 

BERITA REKOMENDASI

Catatan head to head dari 14 laga terakhir, Irak mendominasi dengan sembilan kali kemenangan, dua kali kalah dan tiga kali imbang.

“Dari head to head saja sudah kita sudah kalah terakhir di Kualifikasi Piala Dunia kita kan kalah 5-1, di Piala Asia U-23  di Qatar kalah 3-1. Kalau saya review lagi permainan mereka satu level di atas Indonesia, meskipun Shin Tae-yong bilang level permainan kita naik tapi belum selevel Irak,” kata Anton Sanjoyo saat dihubungi Tribunnews, Rabu (5/6/2024).

“Jadi menurut saya, Irak inikan solid banget. Mereka memang sudah pasti lolos (putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 -red), tapi mereka lawan Indonesia juga tidak boleh kalah karena kalau mereka kalah sistem poinnya merugikan dia untuk poin FIFA-nya,” sambungnya.

Timnas Irak siap menghadapi Timnas Indonesia memperebutkan juara ketiga Piala Asia U23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. Kamis (2/5/2024).  (Karim JAAFAR / AFP)
Timnas Irak siap menghadapi Timnas Indonesia memperebutkan juara ketiga Piala Asia U23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. Kamis (2/5/2024). (Karim JAAFAR / AFP) (AFP/KARIM JAAFAR)

Meskipun demikian, Anton melihat peluang Indonesia untuk bisa meraih satu poin bahkan tiga poin tetap terbuka.

Dengan catatan Jordi Amat dkk. harus benar-benar solid saat bermain dan disiplin terutama saat menjaga pertahanan.

Pasalnya, Indonesia sudah pernah membobol gawang Irak di ajang Piala Asia 2024 dan kali ini bermain di hadapan puluhan ribu suporter Timnas Indonesia.

“Saya berharap Indonesia besok bisa bermain lebih rapi, lebih solid, determinasinya lebih sehingga kita bisa cetak gol di Piala Asia. Marselino bisa cetak gol kan masa di GBK tidak bisa,” ujar Anton.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
7
4
2
1
16
8
8
14
5
Aston Villa
7
4
2
1
12
9
3
14
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas