Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

AFC Ungkap Alasan Laga Timnas Indonesia dan Vietnam Tak Digelar Serentak

Pihak Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memberikan penjelasannya mengapa laga Timnas Indonesia dan Vietnam tak digelar secara serentak.

Penulis: Muhammad Ali Yakub
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in AFC Ungkap Alasan Laga Timnas Indonesia dan Vietnam Tak Digelar Serentak
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Timnas Indonesia berfoto sebelum pertandingan melawan Tanzania di Stadion Madya Senayan Jakarta, Minggu (2/5/2024). Pertandingan ini sebagai pemanasan jelang kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak dan Filipina. Pihak Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memberikan penjelasannya mengapa laga Timnas Indonesia dan Vietnam tak digelar secara serentak. 

TRIBUNNEWS.COM - Sekretaris Jenderal Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Datuk Seri Windsor Paul John mengungkapkan alasan mengapa beberapa laga matchday pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2026 tak dimainkan secara serentak.

Beberapa laga dalam satu grup tak dimainkan secara serentak, seperti Malaysia vs Taiwan dan Oman vs Kirgistan di grup D, lalu juga Timnas Indonesia vs Filipina dan Irak vs Vietnam di grup F.

Jadwal Timnas Indonesia melawan Filipina dimainkan pada Rabu (11/6) pukul 19.30 WIB.

Sedangkan Vietnam menyambangi markas Irak dengan mengambil waktu kick off pada Kamis (12/6) pukul 01.00 WIB.

Timnas Indonesia dan Vietnam sedang memperebutkan satu tiket terakhir dari Grup F untuk menemani Irak menuju putaran berikutnya.

Dengan bermain di waktu yang berbeda, Timnas Indonesia perpotensi mengubur mimpi Vietnam untuk dapat lolos.

Syaratnya, Timnas Indonesia wajib menang atas Filipina pada matchday pamungkas nanti. Jika hal itu benar terjadi, hasil apapun yang diperoleh Vietnam tak akan berpengaruh.

BERITA TERKAIT

Hal ini karena Timnas Indonesia unggul satu poin dari Vietnam di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Indonesia Shayne Elian Jay (Kiri) dan Filipina Santiago Rublico (kanan) bersaing memperebutkan bola pada pertandingan sepak bola kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Filipina dan Indonesia di Manila pada 21 November 2023. (Photo by JAM STA ROSA / AFP)
Indonesia Shayne Elian Jay (Kiri) dan Filipina Santiago Rublico (kanan) bersaing memperebutkan bola pada pertandingan sepak bola kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Filipina dan Indonesia di Manila pada 21 November 2023. (Photo by JAM STA ROSA / AFP) (AFP/JAM STA ROSA)

Baca juga: Melonjaknya Harga Tiket Timnas Indonesia, Komisi II DPR Kritik Setneg dan Pengelola GBK

Terkait alasan pertandingan penentuan tidak bisa digelar secara serentak, pihak AFC akhirnya memberikan penjelasan.

Hal itu diungkapkan oleh Datuk Seri Windsor Paul John selaku Sekretaris Jendral AFC.

Menurut Datuk Seri Windsor, pihaknya menemui beberapa kendala perbedaan waktu.

Lebih lanjut, Datuk juga memiliki kendala waktu antara tim yang bertanding dan hak siar televisi yang dipegang oleh tiap negara.

"AFC tidak dapat melaksanakan itu (laga pamungkas secara serentak) kerana perbedaan waktu antara pasukan yang bertanding dan hak siaran televisi yang dipegang oleh negara masing-masing.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas