Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Jadwal Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Mulai 5 September, Timnas Indonesia Haus Ukir Sejarah!

Jadwal babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia berpeluang melanjutkan ukiran sejarah demi lolos ke putaran final.

Penulis: Drajat Sugiri
zoom-in Jadwal Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Mulai 5 September, Timnas Indonesia Haus Ukir Sejarah!
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pesepak bola Timnas Indonesia foto bersama sebelum melawan Filipina pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM - Jadwal Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia (AFC) akan bergulir mulai 5 September 2024 sampai 10 Juni 2025.

Babak kualifikasi putaran 3 menjadi langkah tercepat bagi tim-tim Asia, untuk mengejar tiket lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2026 di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Timnas Indonesia memiliki peluang besar berjumpa tim superior, seperti Jepang, Korea Selatan, hingga Iran.




Diketahui, Timnas Indonesia dipastikan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Penjaga gawang Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi menepis tendangan dai Filipina saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). Indonesia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 2-0. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Penjaga gawang Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi menepis tendangan dai Filipina saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). Indonesia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 2-0. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Kepastian didapat setelah Timnas Indonesia mengalahkan Filipina 2-0 pada laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Dua gol Timnas Indonesia dicetak oleh Thom Haye (32') dan Rizky Ridho (56').

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia dipastikan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sebagai runner-up Grup F dengan raihan 10 poin.

BERITA TERKAIT

Selain itu, kelolosan ini membuat Timnas Indonesia otomatis mengantongi tiket Piala Asia 2027 di Arab Saudi tanpa melalui babak kualifikasi.

Kini yang menjadi pertanyaan, tim mana yang bakal menjadi lawan Timnas Indonesia di putaran ketiga nanti?

Diketahui 18 tim yang lolos dari putaran kedua nanti akan diundi untuk masuk ke dalam tiga grup yang masing-masing berisi enam tim di putaran ketiga.

Aturannya, 18 tim tersebut akan dimasukkan ke dalam enam pot sebelum melalukan drawing pembagian grup putaran ketiga. Sehingga nantinya masing-masing grup akan diisi satu tim mulai dari pot 1 hingga pot keenam.

Baca juga: Menangis Saat Cetak Gol Debut Timnas Indonesia, Thom Haye: Dukungan Segila Ini dari Suporter di GBK

Adapun penentuan pot didasari dari ranking FIFA masing-masing peserta.

Kondisi tersebut membuat Timnas Indonesia ditempatkan di pot kelima atau terakhir karena ranking Timnas Indonesia saat ini berada di posisi 133 ranking FIFA.

Satu hal yang pasti, Timnas Indonesia akan menghadapi tim yang berada di pot 1 di putaran ketiga nanti.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas