Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Beda Jumlah Hadiah Uang Juara Euro 2024: Spanyol Lebih Banyak Rp17 Miliar dari Inggris

Spanyol membawa uan lebih banyak ketimbang Inggris jika juara Euro 2024. La Roja lebih banyak Rp17 miliar karena selalu menang di fase grup.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Beda Jumlah Hadiah Uang Juara Euro 2024: Spanyol Lebih Banyak Rp17 Miliar dari Inggris
AFP/MIGUEL MEDINA
Para pemain Spanyol merayakan akhir pertandingan sepak bola semifinal UEFA Euro 2024 antara Spanyol dan Prancis di Munich Football Arena di Munich pada 9 Juli 2024. (Photo by MIGUEL MEDINA / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Ada perbedaan jumlah hadiah nominal uang yang diterima Spanyol dan Inggris jika juara Euro 2024. Jumlah bedanya mencapai Rp17 miliar.

Spanyol dan Inggris berebut trofi juara Euro 2024. Pertandingan Final Euro 2024 antara Spanyol vs Inggris berlangsung di Olympiastadion Berlin, Jerman, Senin (15/7/2024) pukul 02.00 WIB.

Baik La Roja (julukan Spanyol) dan The Three Lions (julukan Inggris) mempunyai peluang yang sama menyandang predikat tim terbaik di Euro 2024.




Jika mengalahkan Spanyol, maka skuad asuhan Luis de la Fuente akan menjadi tim tersukses di sepanjang turnamen major empat tahunan ini berlangsung. Tim Matador tercatat 3 kali menjuarai Euro, sama seperti halnya Jerman.

Spanyol dan Inggris akan saling berhadapan pada Senin (15/7/2024) dinihari mendatang untuk memperebutkan gelar juara Euro 2024. Secara statistik, Spanyol jauh lebih baik dibanding Inggris.
Spanyol dan Inggris akan saling berhadapan pada Senin (15/7/2024) dinihari mendatang untuk memperebutkan gelar juara Euro 2024. Secara statistik, Spanyol jauh lebih baik dibanding Inggris. (Garfis Tribunnews)

Beda halnya dengan Inggris besutan Gareth Southgate. Tim Tiga Singa dapat pecah telur kali pertama juara Euro andai mampu memepecundangi Lamine Yamal dkk.

Sejak Euro digelar 1960, Inggris belum pernah merasakan titel kampiun. Prestasi terbaik timnas Inggris ialah mencapai laga final empat tahun silam saat takluk via adu penalti 5-3 atas Italia, setelah bermain imbang 1-1.

Selain trofi juara, menjadi pertanyaan tentunya berapa nominal uang keseluruhan yang diterima oleh pemenang Euro edisi 2024.

BERITA TERKAIT

Dirangkum dari laman Diario AS, ada perbedaan jumlah hadiah uang yang diterima antara Spanyol dan Inggris andai memenangkan laga puncak Euro 2024.

Spanyol, dilaporkan akan membawa pulang hadiah sebesar 30,9 juta dollar (Rp497 miliar). Sedangkan Inggris, andai sukses meraih gelar juara Euro pertamanya maka akan meraup cuan mencapai 29,8 juta dollar atau sekitar Rp480 miliar.

Mengapa bisa berbeda? Jawabannya terletak kepada hasil pertandingan yang diraih kedua finalis sejak fase grup Euro 2024 berlangsung.

Spanyol diketahui menjadi tim paling digdaya dalam perjalanan mereka menggapai laga final untuk kali pertama setelah 12 tahun.

Baca juga: Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris, Southgate Akhiri Tahun-tahun Menyakitkan The Three Lions

Tercatat hingga saat ini, enam pertandingan telah dilakoni La Roja. Dan semuanya oleh Lamine Yamal dan kawan-kawan disapu bersih lewat kemenangan.

Hal itu berbanding terbalik dengan Inggris. Inggris d fase grup membukukan dua hasil imbang dan satu kemenangan, sebelum akhirnya konsisten memetik hasil positif sejak babak gugur.

Faktanya, setiap kemenangan di fase grup setiap tim mendapatkan hadiah uang dalam jumlah tertentu. Oleh karena itu, Inggris mendapatkan jumlah uang lebih sedikit dari Spanyol jika diskenariokan juaea Euro 2024.

UEFA sendiri telah menetapkan, bahwa tim yang memenangkan turnamen Euro 2024 akan memperoleh hadiah juara $8,7 juta atau sekitar Rp 140 miliar.

Ini artinya, Spanyol menjadi tim dengan jumlah hadiah terbesar, yang dihitung sejak fase grup hingga memenangkan pertandingan final. 

Jika dibuat perbandingan, ada perbedaan mencapai Rp17 miliar antara jumlah hadiah juara Euro yang dibawah Spanyol dengan Inggris pada edisi 2024.

Daftar Uang Hadiah Euro 2024

-Tim lolos putaran final: €9,25 juta
-Fase grup: €1 juta menang, €500 ribu imbang
-Lolos 16 besar: €1,5 juta
-Lolos perempat final: €2,5 juta
-Lolos semifinal: €4 juta
-Runner-up: €5 juta
-Juara: €8 juta

(Tribunnews.com/Giri)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas