Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris, Southgate Akhiri Tahun-tahun Menyakitkan The Three Lions

Alasan Inggris bisa merubah takdir di final Euro 2024 menurut Alan Shearer. Sentuhan Southgate dan kekecewaan pemain bisa menjadi magis lawan Spanyol.

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris, Southgate Akhiri Tahun-tahun Menyakitkan The Three Lions
AFP/ODD ANDERSEN
Pelatih kepala Inggris Gareth Southgate merayakan akhir pertandingan sepak bola semifinal UEFA Euro 2024 antara Belanda dan Inggris di BVB Stadion di Dortmund pada 10 Juli 2024. (Photo by Odd ANDERSEN / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Timnas Inggris menunjukkan perkembangan dari setiap pertandingan Euro 2024 yang mereka jalani, mulai dari penyisihan grup hingga partai final.

Inggris besutan Gareth Southgate back to back ke final setelah kegagalan di Wembley pada tahun 2020.

Lawan yang bakal dihadapi oleh Bukayo Saka adalah tim terbaik dalam turnamen ini, memulangkan tim tuan rumah yang memiliki kans besar untuk menjuarai Euro 2024. Siapa lagi kalau bukan Spanyol.




Berbicara soal Inggris di Euro 2024, banyak keraguan yang menyelimuti permainan tim asuhan Southgate ini.

Penyerang Inggris #09 Harry Kane (atas) merayakan bersama penyerang Inggris #19 Ollie Watkins setelah memenangkan pertandingan sepak bola semifinal UEFA Euro 2024 antara Belanda dan Inggris di BVB Stadion di Dortmund pada 10 Juli 2024. (Photo by Adrian DENNIS / AFP)
Penyerang Inggris #09 Harry Kane (atas) merayakan bersama penyerang Inggris #19 Ollie Watkins setelah memenangkan pertandingan sepak bola semifinal UEFA Euro 2024 antara Belanda dan Inggris di BVB Stadion di Dortmund pada 10 Juli 2024. (Photo by Adrian DENNIS / AFP) (AFP/ADRIAN DENNIS)

Tapi, Analyst Opta sedari awal memprediksikan dan menempatkan Inggris sebagai tim paling favorit serta memiliki kans paling tinggi untuk menjuarai Kejuaraan Eropa (Euro) 2024.

Menurut mantan penyerang timnas Inggris, Alan Shearer, The Three Lions -julukan Inggris- datang dengan keyakinan dan samangat yang luar biasa.

Anak asuh Gareth Southgate menunjukkan itu di setiap pertandingan, termasuk kegagalan tiga tahun lalu ketika dikalahkan Italia melalui adu penalti.

BERITA TERKAIT

Puncak dari perjalanan Inggris mampu membalikkan keadaan setelah tertinggal lebih dulu dari Belanda di babak semifinal Euro 2024.

Gol pemain yang masuk dari bangku cadangan pada babak kedua, Ollie Watkins di penghujung waktu normal pertandingan menegaskan bahwa Inggris memiliki harapan tidak hanya dari pemain utama.

"Saya berbicara tentang karakter untuk bangkit dari ketertinggalan dan menemukan cara untuk menang dalam ketiga babak sistem gugur," beber Alan Shearer dikutip dari BBC.

"Momen-momen penting dari individu pemain untuk mencetak gol-gol penting di akhir pertandingan dan penalti-penalti sempurna di bawah tekanan dalam adu penalti melawan Swiss," sambungnya.

Baca juga: Prediksi Skor Spanyol vs Inggris Final Euro 2024, La Furia Roja Berpesta di Berlin

Tidak hanya Ollie Watkins, gol kedua yang dihasilkan Inggris saat melawan Belanda itu juga dari kontribusi Cole Palmer, pemain pengganti yang masuk di babak kedua.

Sebelum kemenangan itu, penalti melawan Swiss adalah bagian dari ketenangan Inggris.

Eksekutor penalti yang diturunkan Southgate adalah penendang penalti terbaik untuk klub mereka masing-masing.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas