Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Pertanda Timnas Inggris Juara Euro 2024, Kutukan Jerman Melahap Spanyol

Kutukan Jerman berikan keuntungan Timnas Inggris juara Euro 2024. Tim yang kalahkan Jerman di Euro akan berakhir runner-up, dan Spanyol melakukannya.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Pertanda Timnas Inggris Juara Euro 2024, Kutukan Jerman Melahap Spanyol
AFP/ADRIAN DENNIS
Penyerang Inggris #09 Harry Kane (atas) merayakan bersama penyerang Inggris #19 Ollie Watkins setelah memenangkan pertandingan sepak bola semifinal UEFA Euro 2024 antara Belanda dan Inggris di BVB Stadion di Dortmund pada 10 Juli 2024. (Photo by Adrian DENNIS / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Pola kutukan Jerman menjadi pertanda timnas Inggris bisa juara Euro 2024. Sebaliknya, Spanyol dihantui pola kutukan tim yang pernah mengalahkan Der Panzer, berakhir sebagai runner-up Euro.

Spanyol dan Inggris berebut trofi juara Euro 2024. Pertandingan Final Euro 2024 antara Spanyol vs Inggris berlangsung di Olympiastadion Berlin, Jerman, Senin (15/7/2024) pukul 02.00 WIB.

Baik La Roja (julukan Spanyol) dan The Three Lions (julukan Inggris) mempunyai peluang yang sama menyandang predikat tim terbaik di Euro 2024.




Jika mengalahkan Spanyol, maka skuad asuhan Luis de la Fuente akan menjadi tim tersukses di sepanjang turnamen major empat tahunan ini berlangsung. Tim Matador tercatat tiga kali menjuarai Euro, sama seperti halnya Jerman.

Spanyol dan Inggris akan saling berhadapan pada Senin (15/7/2024) dinihari mendatang untuk memperebutkan gelar juara Euro 2024. Secara statistik, Spanyol jauh lebih baik dibanding Inggris.
Spanyol dan Inggris akan saling berhadapan pada Senin (15/7/2024) dinihari mendatang untuk memperebutkan gelar juara Euro 2024. Secara statistik, Spanyol jauh lebih baik dibanding Inggris. (Garfis Tribunnews)

Beda halnya dengan Inggris besutan Gareth Southgate, tim Tiga Singa dapat pecah telur kali pertama juara Euro andai mampu memepecundangi Lamine Yamal dkk.

Sejak Euro digelar 1960, Inggris belum pernah merasakan titel kampiun. Prestasi terbaik timnas Inggris ialah mencapai laga final empat tahun silam saat takluk via adu penalti 5-3 atas Italia, setelah bermain imbang 1-1.

Inggris punya modal tambahan untuk percaya diri jelang lawan Spanyol di final Euro 2024. Hal itu adalah kutukan Jerman yang menghantui Euro di tiga edisi terakhir.

BERITA TERKAIT

Dalam tiga edisi terakhir Euro, tim yang mengalahkan Jerman di fase knock-out bakal berhasil lolos ke babak final.

Namun, perjalanan mereka selalu berakhir sebagai runner up.

Menariknya, Spanyol dan Inggris juga sudah pernah terlibat dalam 'kutukan' tersebut.

Di Euro 2012, Italia berhasil mengalahkan Jerman dengan skor 2-1 di babak semifinal. Namun di babak final, Italia terkapar dengan skor 0-4 di tangan Spanyol.

Baca juga: Live Skor Hasil Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024: 3 Rekor Menuju Lamine Yamal Hero Tim Matador

Empat tahun berselang, giliran Prancis yang merasakannya. Mereka bisa mengalahkan Jerman dengan skor 2-0 di babak semifinal.

Prancis lalu lolos ke babak final dan kemudian harus puas jadi runner up. Prancis kalah 0-1 dari Portugal lewat gol yang dicetak Eder di masa perpanjangan waktu.

Pada Euro 2020 yang digelar di 2021, kutukan Jerman berlanjut. Inggris yang kali ini jadi korban.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas