Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Ketum The Jakmania: Harusnya Semifinal Piala Presiden Bisa Ditonton Langsung Semua Suporter

Kebijakan itu diambil karena untuk mengantisipasi keamanan dan Indonesia masih dipantau oleh FIFA, dampak dari Tragedi Kanjuruhan Malang 2022 .

Penulis: Abdul Majid
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Ketum The Jakmania: Harusnya Semifinal Piala Presiden Bisa Ditonton Langsung Semua Suporter
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Aksi kreatif The Jakmania menampilkan koreografi pada pertandingan liga 1 Persija Jakarta melawan Persebaya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (30/7/2023). Persija Jakarta berhasil memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum The Jakmania, Diky Soemarno berharap laga semifinal Piala Presiden 2024 yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo pada 30 dan 31 Juli 2024, bisa disaksikan langsung para suporter.

Dan menurutnya, empat tim yang berlaga di Semifinal nanti, tidak memiliki sejarah rivalitas suporter.

Diketahui, pada Piala Presiden 2024 kali ini, pihak panitia melarang suporter tim tamu hadir langsung di stadion pertandingan.

Kebijakan itu diambil karena untuk mengantisipasi keamanan dan Indonesia masih dipantau oleh FIFA, dampak dari Tragedi Kanjuruhan Malang 2022 .

“Saya sih berharap pertandingan semifinal Piala Presiden harusnya bisa ditonton oleh semua suporter baik dari Arema, Borneo, Persis Solo dan Persija terlebih lagi catatannya keempat kelompok suporter ini tidak pernah punya masalah apapun atau rivalitas apapun yang secara historical bisa dilatorgerikan cukup tidka aman,” kata Diky kepada Tribunnews di Bali, Sabtu (27/7/2024).

Menurutnya, dengan diperbolehkannya semua suporter hadir, itu justru membuat gelaran Piala Presiden semakin ramai dan hal itu juga baik untuk menunjukkan bahwa sepakbola Indonesia sudah kondusif.

BERITA TERKAIT

“Saya melihat ini kan pagelaran Piala Presiden artinya Piala Presiden harus semarak, harus ramai, harus riuh harus banyak kegembiraan. Saya rasa dengan adanya para suporter ini yang hadir ke Solo nanti membuktikan bahwa sepakbola kita ini sedang menuju ke masa transisi yang baik,” terangnya.

Baca juga: Shin Tae-yong Tolak Tawaran Klub Korea Selatan Demi Timnas Indonesia, STY: Ingin Wujudkan Impian

Diky pun berharap panitia penyelenggara bisa memberikan ruang kepada seluruh suporter tim untuk bisa hadir di Solo.

Sehingga masing-masing suporter termasuk Jakmania bisa mendukung Persija secara langsung di Stadion Manahan Solo.

Lebih lanjut Diky kembali menerangkan bahwa momen ini justru baik digunakan semua stakeholder sepakbola Indonesia untuk membuktikan bahwa sepakbola Indonesia sudah aman dan kondusif.

“Okelah ketika ada proses proses itu  dijalankan dan kita menantikan proses ini ada progresnya salah satu bentuk progres dari federasi atau semua stakeholder baik itu kepolisian adalah bagaimana nanti pertandingan semifinal sampai final berjalan dengan aman lancar dan membahagiakan kepada sleuruh pihak,” kata Diky.

“Saya berharap banget OC khususnya karena saya lihat di berita pihak kepolisian menunggu keputusan dari OC, bagaimana regulasi dari OC untuk suporter yang akan hadir di  Solo nanti. Saya harap Jakmania memang bisa menemani Persija di semifinal ataupun di final,” harapnya.

Baca juga: Exco PSSI Ahmad Riyadh Sempat Bahas Perkara dengan Hakim Agung Gazalba Saleh di Hotel

Pertandingan semifinal antara Borneo FC vs Persija akan bergulir pada Selasa (30/7/2024), sedangkan Arema FC vs Persis Solo diadakan pada Rabu (31/7/2024).

Kedua pertandingan tersebut bergulir di Stadion Manahan, Solo, pukul 19.30 WIB.

caption: Ketum The Jakmania, Diky Soemarno saat ditemui Tribunnews di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Sabtu (27/7/2024). Tribunnews/Abdul Majid

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas