Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Andai Permintaan Bahrain Dikabulkan FIFA, Timnas Indonesia Senasib Korea Utara dan Palestina

Timnas Indonesia bisa senasib dengan Palestina dan Korea Utara yang tak bisa tampil di kandang sendiri andai permintaan Bahrain dikabulkan.

Penulis: Guruh Putra Tama
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Andai Permintaan Bahrain Dikabulkan FIFA, Timnas Indonesia Senasib Korea Utara dan Palestina
PSSI/
Pesepak bola Timnas Indonesia foto bersama sebelum melawan China pada pertandingan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Qingdao Youth Football, Qingdao, China, Selasa (15/10/2024). TRIBUNNEWS/HO/PSSI 

TRIBUNNEWS.COM - Status Timnas Indonesia sebagai tuan rumah untuk menjamu Bahrain pada 25 Maret 2025 di Kualifikasi Piala Dunia 2026 terancam dicabut.

Hal itu mungkin terjadi menyusul adanya permintaan dari Federasi Sepak Bola Bahrain (Bahrain FA) untuk mengubah venue pertandingan melawan Timnas Indonesia.

Bahrain meminta AFC dan FIFA mengubah venue keluar dari Indonesia untuk pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 nanti.

Pihak Bahrain merasa tak aman dan keselamatannya terancam lantaran teror yang dilakukan penggemar sepak bola Indonesia kepada mereka.

Bahrain FA sudah mengumumkan secara publik permintaan mereka kepada AFC dan FIFA untuk mengubah venue keluar dari Indonesia.

"SEIRING DENGAN KEINGINAN KONFEDERASI SEPAK BOLA BAHRAIN UNTUK MEMASTIKAN KESELAMATAN ANGGOTANYA, TERUTAMA ANGGOTA TIM NASIONAL, KONFEDERASI SEDANG DALAM PROSES MENGADU KE FIFA DAN AFC UNTUK MENGINFORMASIKAN TENTANG PERILAKU YANG TIDAK DAPAT DITERIMA YANG TELAH DIALAMI OLEH KONFEDERASI BAHRAIN, SERTA KAMPANYE YANG MENGANCAM, KATA-KATA HINAAN, DAN PENCEMARAN NAMA YANG DAPAT MEMPENGARUHI KESELAMATAN ANGGOTA TIM NASIONAL KETIKA MEREKA BERTEMU TIM NASIONAL INDONESIA DALAM PERTANDINGAN AWAY DI IBU KOTA, JAKARTA," tulis Bahrain FA.

"KONFEDERASI AKAN MENYERAHKAN PERMINTAAN UNTUK MEMINDAHKAN PERTANDINGAN DARI INDONESIA UNTUK MENJAGA KESELAMATAN TIM NASIONAL, KARENA INI ADALAH PRIORITAS UTAMA, TERUTAMA MENGINGAT BAHWA FIFA DAN AFC SANGAT PERHATIAN TERHADAP KESELAMATAN TIM-TIM YANG BERTANDING DI KANDANG MEREKA," sambungnya.

BERITA REKOMENDASI

Permintaan Bahrain FA ini bisa mengancam Timnas Indonesia yang seharusnya bisa mendapatkan keuntungan bermain di depan pendukung sendiri.

Selain itu, skuad Garuda bisa bernasib sama seperti dua negara Asia lainnya yang tak bisa tampil di kandang sendiri di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca juga: 5 Unggahan Medsos Pemain Timnas Indonesia Setelah Kalah dari China, Thom Haye Kobarkan Semangat

Pemain Indonesia Marselino Ferdinan (Kanan) berebut bola dengan pemain Tiongkok Wei Shihao selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 Asia antara Tiongkok dan Indonesia di Qingdao, provinsi Shandong, Tiongkok timur pada 15 Oktober 2024. (Photo by STRINGER / AFP) / China OUT / CHINA OUT
Pemain Indonesia Marselino Ferdinan (Kanan) berebut bola dengan pemain Tiongkok Wei Shihao selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 Asia antara Tiongkok dan Indonesia di Qingdao, provinsi Shandong, Tiongkok timur pada 15 Oktober 2024. (Photo by STRINGER / AFP) / China OUT / CHINA OUT (AFP/STRINGER)

Kedua negara yang dimaksud adalah Palestina dan Korea Utara.

Palestina mesti berlaga di tempat netral saat menggelar laga kandang.

Sejauh ini, Palestina sudah menggelar dua laga kandang yang semuanya harus digelar di tempat netral.

Laga pertama terjadi pada 10 September saat menghadapi Jordania.

Pertandingan tersebut digelar di KLFA Stadium, Malaysia.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
7
4
2
1
16
8
8
14
5
Aston Villa
7
4
2
1
12
9
3
14
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas