Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Tokopedia Sampaikan Hak Jawab terkait Ponsel Ilegal

Sebagai informasi, kami belum mendapatkan notifikasi resmi maupun laporan mengenai ilegalitas iPhone SE dari pihak-pihak berwenang.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Tokopedia Sampaikan Hak Jawab terkait Ponsel Ilegal
IST

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Berkaitan dengan pemberitaan di laman Tribunnews.com berjudul Tokopedia Merasa Tak Kebobolan Banyak Seller Jual Ponsel Ilegal, kami ingin menyampaikan hak jawab.

Diksi “merasa tak kebobolan” ditambah dengan paragraf keenam yang berbunyi: “Antonia menegaskan pihaknya tidak merasa kebobolan terkait banyaknya seller yang menjual iPhone SE.” tidak sesuai dengan fakta, melainkan asumsi.

Kami berpendapat terminologi “kebobolan” kurang tepat digunakan karena sistem Tokopedia yang bersifat user generated content---dimana setiap pihak dapat melakukan pengunggahan produk di Tokopedia secara mandiri. Sistem seperti ini sebenarnya sangat memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi jual beli online. Sistem user generated content juga memiliki manfaat sangat besar di dunia teknologi saat ini, namun memang tetap diperlukan batasan-batasan tertentu dalam penggunaannya agar sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku.

Sebagai informasi, kami belum mendapatkan notifikasi resmi maupun laporan mengenai ilegalitas iPhone SE dari pihak-pihak berwenang. Jika memang produk ini melanggar hukum yang berlaku, kami tentu akan segera melakukan penghapusan. Produk inipun masih dijual bebas di situs e-commerce lainnya, maka kami mengharapkan kerja sama Rekan Media untuk tidak menyudutkan kami melalui pemberitaan dengan framing yang kurang mengedukasi pembaca seperti ini.

Kami sebenarnya juga sudah menyediakan sebuah sarana yang memudahkan masyarakat Indonesia dalam memantau perdagangan online di website kami. Kami menyediakan fitur “Laporkan” di setiap laman produk, dimana setiap orang bisa melaporkan langsung jika ada produk yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan penggunaan website Tokopedia dan/ atau hukum yang berlaku di Indonesia, lalu Tim Tokopedia akan dengan segera menghapus produk yang dimaksud. Lebih lanjut, secara berkala kami memang melakukan pemantauan produk yang melanggar syarat dan ketentuan penggunaan website kami kemudian melakukan penindakan sesuai prosedur.

Sekali lagi kami ingin menekankan bahwa sistem Tokopedia bersifat user generated content dimana setiap pihak dapat melakukan pengunggahan produk secara mandiri. Hal ini berlandas pada kepercayaan kami bahwa masing-masing individu harus diberikan kesempatan yang sama untuk menciptakan peluang, salah satunya melalui bisnis online.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas