Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Imani Prima Uji Coba Sistem Connected Vehicle

Sistem yang sedang diuji coba pada beberapa jenis kendaraan ini diyakini kelak akan memberi manfaat pada semua segmen penggunanya.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Imani Prima Uji Coba Sistem Connected Vehicle
HANDOUT
Perusahaan teknologi PT Imani Prima mulai mengujicoba sistem connected vehicle yang juga merupakan platform edge-computing multi fungsi untuk semua jenis dan tipe kendaraan. Langkah ini dilakukan untuk merespon semakin besarnya kebutuhan integrasi data untuk mewujudkan smart mobility di sektor transportasi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Perusahaan teknologi PT Imani Prima mulai mengujicoba sistem connected vehicle yang juga merupakan platform edge-computing multi fungsi untuk semua jenis dan tipe kendaraan.

Langkah ini dilakukan untuk merespon semakin besarnya kebutuhan integrasi data untuk mewujudkan smart mobility di sektor transportasi.

“Yang kami ujicobakan saat ini adalah Monstrack Edge. Monstrack Edge merupakan platform edge-computing yang memungkinkan komputasi yang kompleks pada sebuah perangkat IoT, sehingga bisa digunakan untuk beragam tujuan, mulai dari masalah safety sampai ke entertainment,”  kata Feri Widiasmara, Chief Technology Officer  (CTO) PT Imani Prima dalam keterangan pers tertulisnya kepada Tribunnews, Senin (27/8/2018).




Feri menjelaskan, pengalaman Imani Prima dalam bisnis end-to-end solution selama 11 tahun terakhir ini diterapkan dalam platform tesebut untuk mempermudah integrasi dan pengolahan data beragam sensor.  

Sistem yang sedang diuji coba pada beberapa jenis kendaraan ini diyakini kelak akan memberi manfaat pada semua segmen penggunanya.

Di industri otomotif misalnya, bisa memanfaatkan data monitoring yang dihasilkan oleh sistem ini untuk management asset, manajemen inventori ke dealer–dealer dalam hal ketersediaan spare part.

Selain itu juga bisa digunakan untuk menelusuri kegagalan produk mereka, serta menyiapkan produk baru yang lebih menarik dan inovatif.

Baca: Mercedes-Benz Segera Luncurkan Bus Baru untuk Pasar Indonesia

BERITA TERKAIT

Para pengguna kendaraan dari berbagai jenis juga diuntungkan dengan adanya sistem connected vehicle yang terpasang, karena memungkinkan melakukan perawatan kendaraan dengan terjadwal.

Mereka juga bisa mendapatkan informasi bengkel terdekat jika terjadi gangguan teknis.

"Sistem ini juga strategis untuk pengawasan keselamatan terhadap anggota keluarga yang melakukan perjalanan berkendara dengan supir pribadi," ungkap Feri.

Baca: BPK Diminta Audit Investigatif Impor Beras: Data Impor dan Produksi Beras Dalam Negeri Beda

Ke depan, platform ini juga menyediakan beberapa aplikasi dasar yang bisa digunakan oleh banyak pengguna dan jenis kendaraan, seperti tracking dan telemetri untuk akuisisi data sensor.

"Kita juga menyiapkan aplikasi pendukung seperti penanganan connectivity dan konfigurasi,” beber Feri.

Keberadaan connected vehicle dengan platform seperti ini juga menjadi cara Imani Prima dalam memperkuat komitmen memberikan real values bagi pengguna jasa dalam berbagai sektor, sebagaimana yang diterapkan dalam aplikasi–aplikasi lain sebelumnya. 

Plaform ini di dalamnya tersedia layanan dan aplikasi dasar yang bisa digunakan lintas bidang bisnis.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas