Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

PP No 71/2019 Paksa Pengelola Mesin Pencari dan Medsos Wajib Simpan Data di Indonesia

PP pengganti PP no 82/2012 tidak lagi izinkan penyimpanan data on shore untuk perlindungan dan kedaulatan negara

PP No 71/2019 Paksa Pengelola Mesin Pencari dan Medsos Wajib Simpan Data di Indonesia
IST
Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi dan Informatika 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menekankan Peraturan Pemerintah No 71/2019 memeberikan kejelasan dalam penerapan kedaulatan negara terhadap data.

Selain itu, sambung dia, regulasi tersebut juga mengedepankan pertanggungjawaban penuh Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) atas Sistem Elektroniknya khususnya kepada penggunanya maupun dalam rangka pengawasan dan penegakan hukum.

 “Jika dipaksakan PSE lingkup Privat untuk diwajibkan mengelola, memproses dan menyimpan Sistem Elektronik dan Data Elektronik di Indonesia maka akan banyak bisnis unicorn yang mati. Untuk itu, kita atur tata kelolanya pada Peraturan Pemerintah yang baru ini. Karena di peraturan yang lama tidak ada tata kelolanya,” kata dia.

PP No 71/2019 memberi kriteria PSE dengan pemisahan lingkup publik dan lingkup privat, sehingga bisa menghilangkan keraguan akan kewajiban daftar bagi mereka.

Kalau kriteria PSE lingkup publik meliputi instansi pemerintah atau yang ditunjuk pemerintah, PSE lingkup privat adalah PSE yang diatur dan diawasi kementerian atau lembaga berdasarkan aturan perundangan.

Yang dimaksud privat di sini PSE yang memiliki portal, situs, aplikasi daring lewat internet atau yang ditawarkan di wilayah RI yang digunakan untuk berbagai keperluan bisnis.

Baca: Dua Tahun Berhenti Gunakan Sosial Media, Nadiem Makarim Mengaku Hidup Adem dan Stres Menurun

Sebut saja PSE yang menyediakan, mengelola, mengoperasikan perdagangan barang atau juga jasa, transaksi keuangan; pengiriman materi atau muatan digital berbayar lewat portal atau situs, surel atau aplikasi lain ke perangkat pengguna.

Juga PSE yang menyediakan, mengoperasikan layanan komunikasi seperti SMS, panggilan suara atau video, surel, percakapan dalam platform digital, jejaring dan medsos.

Mesin pencari juga masuk kriteria ini, selain penyedia informasi elekronik berbentuk tulisan, suara, gambar, animasi, musik, video, film dan permainan atau kombinasi.

Termasuk juga pemrosesan data pribadi untuk kegiatan operasional melayani masyarak at dalam kaitan transaksi elektronik.

Halaman
12
Penulis: Fajar Anjungroso
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas