Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

REVIEW PONSEL: Menjajal Efek Bokeh Kamera Belakang Samsung Galaxy A01

Dengan dukungan fitur Focus Mode, ponsel akan mematikan semua aplikasi yang ada di dalamnya, kecuali aplikasi tertentu yang boleh digunakan.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in REVIEW PONSEL: Menjajal Efek Bokeh Kamera Belakang Samsung Galaxy A01
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Efek bokeh pada kamera belakang Samsung Galaxy A01 pada pemotretan indoor. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Samsung Galaxy A01 menjadi andalan baru Samsung Indonesia untuk menggarap segmen entry level pengguna ponsel Tanah Air yang saat ini pasarnya diserbu habis-habisan oleh ponsel China.

Meski menyasar segmen entry level, kemampuan Samsung Galaxy A01 tak bisa dianggap enteng.

Fitur kamera belakangnya cukup mumpuni untuk siapa saja yang hobi memotret dengan ponsel, terlebih buat mereka yang gemar memfoto dengan efek bokeh.

Tribunnews yang mendapatkan kesempatan unboxing smartphone ini, mencoba menjajal kemampuan kamera belakang di Galaxy A01 ini.

Galaxy A01 dibekali kamera belakang ganda. Kamera utamanya beresolusi 13 megapiksel (f/2.2) dan kamera kedua memiliki resolusi 2 megapiksel untuk menghasilkan efek bokeh, alias efek gambar yang ngeblur di bagian latar belakang dan efek tajam pada objek foto di bagian depan.

Untuk kamera depan, Galaxy A01 menyematkan kamera dengan resolusi 5 megapiksel (f/2.0) yang sudah dilengkapi dengan fitur untuk kebutuhan selfie dengan efek bokeh.

Berikut efek bokeh yang dihasilkan kamera belakang Galaxy A01 saat Tribunnews mencobanya untuk memotret bunga Wijaya Kusuma yang sedang mekar di teras depan rumah:

Efek bokeh di kamera belakang Samsung Galaxy A01 dengan objek foto bunga Wijaya Kusuma di area outdoor.
Efek bokeh di kamera belakang Samsung Galaxy A01 dengan objek foto bunga Wijaya Kusuma di area outdoor. (TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN)
BERITA TERKAIT

Efek bokeh cukup bagus didapatkan dari hasil pemotretan ini. Jangan lupa aktifkan fitur Fokus Live di kamera ini. Caranya, aktifkan kamera belakang kemudian atur posisi pemotretannya.

Lalu, aktifkan fitur Fokus Live di kameranya. Diamkan beberapa detik sampai muncul tulisan 'Efek Siap', lalu pencet tombol klik.

Hasil maksimal dari kamera ini akan bisa Anda dapatkan berikut dengan efek bokehnya.

Baca: UNBOXING Samsung Galaxy A01, Smartphone Entry Level dengan Kamera Belakang Ganda

Untuk efek kamera dengan Fokus Live ini, Galaxy A01 menyediakan pilihan rasio layar untuk hasil pemotretannya, mulai dari 3:4, 9:16, 1:1 dan full.

Efek-efek lainnya yang bisa dimanfaatkan di kamera belakang pada Galaxy A01 adalah efek Panorama. Ketuk tombol kamera lalu geser perlahan ke satu arah untuk mendapatkan efek panorama yang maksimal.

Efek lainnya yang bisa dimanfaatkan adalah efek Pro. Dengan efek ini Anda bisa mengatur ISO kamera mulai dari 100, 200, 400 sampai 800 sesuai kebutuhan dan kondisi pencahayaan saat pemotretan akan dilakukan.

Penggunaan efek Pro
Penggunaan efek Pro di kamera belakang Samsung Galaxy A01.

Yang menarik dari Galaxy A01 ini adalah, dia juga menyediakan Digital Wellbeing dan Parental Controls, program dari Google yang membantu orangtua mengontrol penggunaan ponsel ini, misalnya saat digunakan oleh anak.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas