Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Riset CSIS: Grab Genjot Kualitas Hidup Mitra, Pendapatan Naik Amat Signifikan

Grab tingkatkan kualitas hidup masyarakat di Medan, terutama dalam hal inklusi keuangan dan pembukaan lapangan pekerjaan.

Riset CSIS: Grab Genjot Kualitas Hidup Mitra, Pendapatan Naik Amat Signifikan
Istimewa
Qonitah Azzahra (25 tahun), salah satu UMKM digital yang sukses buka lapangan kerja untuk warga Medan berkat Grab. 

TRIBUNNEWS.COM - Studi yang dirilis oleh Center for Strategic and International Studies (CSIS) hari ini, Selasa (11/8/2020) menemukan serangkaian fakta menarik terkait pertumbuhan ekonomi di kota Medan terkait dengan kehadiran Grab di kota tersebut.

Pada studi yang dilakukan Januari 2020 tersebut, CSIS menemukan fakta bahwa Grab menawarkan peluang ekonomi yang lebih baik bagi pekerja informal (yang merupakan 56,5 persen dari total tenaga kerja Indonesia).

Tak hanya itu, Grab juga meningkatkan pertumbuhan bisnis kecil dan menciptakan lapangan pekerjaan di luar platform Grab, serta meningkatkan kualitas hidup mitra sebesar 8 persen.

Berikut berbagai temuan lain yang menunjukkan bagaimana teknologi Grab berperan penting bagi kehidupan UMKM Sumatera Utara, terutama dalam hal inklusi keuangan dan pembukaan lapangan pekerjaan.

Baca: Riset CSIS: UMKM Mitra Grab di Bali Kontribusi Ekonomi Rp 889 Miliar

Grab bantu dorong akses perbankan dan investasi mitra pengemudi di Medan

Fakta menunjukkan Grab telah memungkinkan lebih banyak mitra untuk menabung secara rutin. Sebanyak 75 persen mitra pengemudi GrabBike dan 55 persen mitra pengemudi GrabCar sekarang rutin menabung di bank dengan rata-rata tabungan masing-masing Rp 939 ribu hingga Rp1,4 juta.

Selain itu, 55 persen dari mitra pengemudi GrabBike dan 79 persen mitra pengemudi GrabCar juga mengatakan mereka dapat meminjam uang dengan lebih mudah setelah bergabung dengan Grab, karena penyedia jasa keuangan lebih mempercayai mereka.

Ini memberi mereka kesempatan untuk mengajukan pinjaman agar dapat mengembangkan bisnisnya atau berinvestasi pada motor atau mobil baru.

Buka kesempatan usaha mitra merchant dan agen di Medan

Sejumlah 13 persen mitra merchant GrabFood Medan terinspirasi untuk memulai bisnisnya karena adanya GrabFood dan 16 persen mitra merchant menggunakan GrabFood saat pertama kali memulai bisnisnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas