Tribun Techno

Pemprov Jabar Raih Apresiasi Praktik Baik dalam Pencegahan Korupsi

Semua transaksi pengadaan barang dan jasa menjadi transparan, menghilangkan tindakan mark-up dan transaksi fiktif.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
Pemprov Jabar Raih Apresiasi Praktik Baik dalam Pencegahan Korupsi
HANDOUT
Pemprov Jabar mendapat Apresiasi Praktik Baik dalam Aksi Pencegahan Korupsi dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Pemprov Jabar merupakan mitra e-commerce pengadaan barang dan jasa.   

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Jawa Barat meraih Apresiasi Praktik Baik dalam Aksi Pencegahan Korupsi dari Presiden Joko Widodo. Apresiasi diterima Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di gedung KPK, Rabu (26/8/2020).

Pemprov Jawa Barat dinilai berhasil dalam memanfaatkan platform e-marketplace Mbizmarket dengan melakukan transformasi pengadaan barang dan jasa dari transaksi konvensional menjadi digital.

Perubahan ini membuat semua transaksi pengadaan barang dan jasa menjadi transparan, menghilangkan tindakan mark-up dan transaksi fiktif, serta meningkatkan keterlibatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pengadaan barang dan jasa kebutuhan pemerintah.

Baca: 70 Persen Kasus Korupsi Ditangani KPK terkait Pengadaan Barang dan Jasa

Mbizmarket hadir mendukung Pemprov Jawa Barat pada Februari 2020, seluruh transaksi antara pembeli dan penjual dilakukan dan dicatat secara online.

Penyelenggara Sistem Elektronik Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SPSE) dapat mengamati dan melakukan audit transaksi setiap saat.

Baca: Prabowo Teken Kontrak Pengadaan 17 Lab PCR untuk RS Angkatan Darat

Dengan memanfaatkan Mbizmarket, transaksi pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah kini menjadi jauh lebih efisien dan efektif, barang dan jasa yang dibutuhkan menjadi mudah ditemukan.

Pembeli juga dapat membandingkan harga barang atau jasa tanpa harus ke luar kantor, negosiasi harga dilakukan dan tercatat di dalam sistem, proses persetujuan dapat dilakukan secara digital, serta transfer pembayaran langsung dari pembeli kepada penjual tanpa dikenakan biaya transaksi.

Dalam menjalankan operasional Mbizmarket tidak mengenakan biaya apapun, baik kepada Pemprov Jawa Barat maupun para vendornya.

Saat ini beban biaya masih ditanggung dan disubsidi dari pendapatan yang diperoleh perusahaan dengan menjalankan platform Mbiz.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas