Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

E-commerce dan Online Travel Agent Selesaikan 94 Ribu Permintaan Refund

Imbas pandemi ini mengakibatkan banyak konsumen, baik yang langsung ke Via maupun mitra Via menginginkan refund.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Sanusi
zoom-in E-commerce dan Online Travel Agent Selesaikan 94 Ribu Permintaan Refund
Turner.com
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.co, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketika PSBB bahkan lockdown suatu negara diberlakukan saat menyeruak pandemi Covid-19, sektor ekonomi menjadi yang paling terdampak sehingga bisnis merugi.

Ini juga yang dialami e-commerce dan travel agent online bernama Via.com yang telah menghimpun dana dari para mitra dan konsumen yang akan melakukan perjalanan dan wisata.

Imbas pandemi ini mengakibatkan banyak konsumen, baik yang langsung ke Via maupun mitra Via menginginkan refund.

Baca juga: Citilink Bakal Beri Refund ke Calon Penumpang Usai Dilarang Terbang dari Jakarta ke Pontianak

Baca juga: Mau Refund Tiket Pesawat di Online Travel Agent? Simak Caranya

Walau harus WFH, tim perusahaan yang merupakan dari Ebix Group dan masuk ke Indonesia pada tahun 2011 tetap berupaya memberikan layanan terbaik selama 24 jam setiap hari.

"Kami telah menyelesaikan 70 ribu lebih permintaan domestic refund dan lebih dari 24 ribu permintaan international refund," kata Ticketing Manager Via.com Indonesia, Lina Tan dalam keterangan pers, Rabu (28/10/2020).

Tidak hanya itu, Via menyelesaikan 14 ribu permintaan domestic reschedule dan 9.500 lebih permintaan international reschedule.

BERITA TERKAIT

"Kami juga menyelesaikan lebih dari 22 ribu pengembalian deposit, semuanya sukses diproses dengan baik," katanya.

Direktur Via.com Indonesia Srinivas Murthy mengatakan, selain refund dan reschedule juga menyelenggarakan Webinar gratis bersama maskapai, virtual tour ke Jepang serta live streaming dari Turki untuk mitra Via.

"Jepang dan Turki dipilih sebagai destinasi karena kedua negara ini terbukti sukses menjadikan budaya dan pariwisata sebagai identitas mereka," katanya.

Kecintaan terhadap budaya dan pariwisata, direfleksikan dengan upaya nyata, kerja keras dan kreativitas sehingga bisa menginspirasi seluruh mitra Via dalam kegiatan serupa, dan yang terpenting dalam menjalankan kehidupan yang penuh tantangan seperti pada saat ini.

Sementara Muhyidin, mitra Via dari Risna Tour and Travel mengatakan, saat ada pemberlakuan PSBB di Indonesia serta lockdown di banyak negara, pikirannya langsung kusut.

"Sudah terlanjur deposit dalam jumlah besar ke Via.com, bagaimana saya menyampaikan ke konsumen yang menginginkan uangnya dikembalikan bukan dalam Top Up Saldo atau Voucher," kata Muhyidin .

Ia bersyukur proses refund berlangsung sangat mudah dan bisa dari rumah dengan mengandalkan gadget.

"Ketika ada reservasi refund yang pending, dari pihak PIC Via.com selalu membantu menindak lanjutinya," kata Muhyidin.

Sementara Noni, Mitra Via dari Alaba Tour Travel, Gowa, Sulawesi Selatan mengaku sempat khawatir jika uang yang sudah disetor ke Via.com akan sulit di-refund.

"Karena pengalaman saya, ketika dulu mengajukan permohonan refund ke perusahaan lain ternyata prosesnya berbelit-belit, dan harus terus di follow-up," kata Noni.

Namun permasalahannya tersebut dijawab oleh Tim Via.com dengan layanan paripurna yang mengutamakan kenyamanan dan kepraktisan.

Via.com juga dapat dijumpai di beberapa negara lainnya seperti India, Singapura, Filipina, Thailand, Hong Kong, Saudi Arabia, Oman, dan UEA.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas